Tim U-17 Atasi Suhu Dingin Jerman, Tim U-24 Matangkan Taktik Jelang Hadapi Uzbekistan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Muhammad Nabil Asyura memiliki cara sendiri untuk mengatasi dan beradaptasi dengan dinginnya cuaca di Jerman. Selama lebih dari satu minggu dirinya dan kawan-kawan lain disana, tentu masing-masing pemain punya cara-cara khususnya.

Bagi Nabil, dia mengakui acap kali merasakan sulitnya beradaptasi dengan cuaca di Jerman. Namun, dia harus cepat beradaptasi, seperti yang dilakukan oleh teman-temannya. Menggunakan pakaian berlapis ketika latihan menjadi cara Nabil untuk mengatasi itu supaya performa di lapangan tetap terjaga.

“Cuaca di Indonesia dan Jerman kan berbeda. Tiap pemain untuk adaptasi juga beda-beda. Kalau untuk saya, hanya menggunakan pakaian berlapis,” ungkap Nabil dikutip dari laman PSSI, Kamis (28/9/2023).

Hal itu dilakukannya, sebab suhu di Jerman itu kisaran 8-9 derajat celcius.

Hari demi hari pun para penggawa Tim U-17 terus berlatih di Jerman guna memaksimalkan kemampuan yang mereka miliki. Berbagai menu latihan berbeda setiap harinya diberikan oleh tim pelatih kepada para pemain selama di Jerman.

“Hari ini pelatih memberikan menu latihan kordinasi, main rondo, dan ditutup dengan latihan set piece,” jelas Nabil.

Nabil pun mengakui masih ada kekurangan dalam dirinya yang harus dia tingkatkan selama menjalani latihan di Jerman ini, salah satunya bagaimana dirinya harus belajar menempatkan diri dengan tepat.

“Evaluasi untuk diri saya sendiri adalah bagaimana cara saya menahan bola, jangan sampai mudah hilang bola serta positioning yang tepat,” tutupnya.

Sementara itu, tim asuhan Indra Sjafri akan melawan Uzbekistan di babak 16 besar, untuk itu pelatih asal Sumatera Barat telah menyiapkan taktik khusus agar bisa meredam permainan lawannya itu. Hari ini juga Ramadhan Sananta sudah ikut bergabung latihan dengan tim. Latihan mereka lakukan di lapangan Hangzhou Chen Jinglun Sports School-Southeast, Hangzhou, China (26/09). Usai pindah kota  yakni dari Jinhua, China di Babak Penyisihan Group F.

“Alhamdulillah sore hari ini kita H-2 sebelum persiapan pertandingan melawan Uzbekistan tanggal 28 September 2023, kita sudah cek semua pemain dalam keadaan siap, dan hari ini kita sudah menyiapkan game plan dari hasil laporan tim analis tentang kualitas pemain dari Uzbekistan,” ungkap Indra usai memimpin latihan tim, Selasa (26/9).

“Mudah-mudahan kami bisa memberikan yang terbaik, mohon doa,” sambungnya.

Kedatangan Ramadhan Sananta disambut baik oleh Rachmat Irianto, dia juga memberikan dukungan dan semangat untuk rekannya itu. “Kedatangan Sananta menurut saya sangat membantu, karena kemarin kita kehilangan sosok striker, saya dan rekan-rekan yang lain tentu akan mendukungnya,” tuturnya.

Menilik calon lawan, pemain berusia 24 tahun itu mengatakan siap. “Semoga pertandingan berjalan lancar nanti, persiapan dan perbaikan juga sudah dilakukan oleh para pelatih. Uzbekistan bukan lawan yang mudah, tetapi harus optimis, karena bola itu bundar, jadi tetap berikan yang terbaik,” tutupnya.

Laga Indonesia kontra Uzbekistan akan berlangsung di SC Sports Centre Stadium, Tiongkok, pukul 15.30 WIB.[Ali/Dwi]