Jaraknya 42,5 Km dari Pusat Kota Tuban, Buper Ini Terpilih Jadi Lokasi Jambore Daerah Jatim 2023

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jambore Pramuka Jawa Timur 2023 akan digelar di Kabupaten Tuban pada 2-7 Oktober 2023. Diperkirakan diikuti 1.900 orang dari 38 kwartir cabang se-Jatim.

Tahun ini, Jambore Pramuka Jatim 2023 di gelar di Kabupaten Tuban tepatnya di Bumi Perkemahan Ngawun Abilowo Kecamatan Parengan. Jika ditempuh dari pusat Kota Tuban jaraknya 42,5 Kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit lewat Jalan Raya Montong.

Jambore Daerah Jatim merupakan perkemahan akbar pramuka penggalang se-Jatim. Tujuannya untuk membentuk perilaku, kemandirian, mengamalkan kode kehormatan pramuka serta mengembangkan pramuka penggalang Jatim sebagai generasi emas.

Sepintas tentang Buper Ngawun Abilowo Parengan diresmikan oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky bersama Ketua Kwarda Jawa Timur, H.M. Arum Sabil tahun 2022 lalu.

Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur, Arum Sabil mengatakan penamaan Abilowo menjadi cerminan dari tokoh pewayangan Pandawa, yaitu Werkudara atau Bima. Dikisahkan, Bima menyamar menjadi peternak sapi agar bisa membaur dengan masyarakat.

“Tujuannya, mendengar suara masyarakat lebih dekat,” ujarnya.

Arum Sabil berharap nilai-nilai yg diajarkan tokoh pewayangan Abilowo atau Bima dapat ditiru anggota Pramuka Tuban. Tidak hanya berani dan kuat, tapi juga rendah hati dan mau mendengar pendapat orang lain.

Ketua Kwarda Jatim masa bakti 2020-2025 mengatakan pohon yang ditanam akan mampu menyuplai oksigen di lingkungan sekitar. Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab wajib anggota Pramuka.

“Mari kita rawat lingkungan kita, udara, tanah dan air yang menjadi sumber kehidupan kita,” tuturnya. [Ali/Dwi]