DPRD Pertanyakan Dapatkah Pemkab Tuban Serap Anggaran hingga 80 Persen di Akhir Tahun 2023?

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban optimis penyerapan anggaran dalam Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-ABD) Tuban, bisa mencapai target yang diinginkan yaitu sekitar 80 sampai 90 persen. 

Hal tersebut, diungkapkan langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. Menurutnya, untuk mencapai target tersebut saat ini pihaknya telah memetakan anggaran P-APBD yang tersisa, sesuai dengan program dan juga kegiatan. 

"Kemarin kita sudah memetakan semua, dari sisi itu target kami penyerapan 80 sampai 90 persen," ujarnya, Rabu (20/9/2023). 

Ditargetkannya kurang dari 100 persen tersebut, lanjutnya, lantaran Pemkab Tuban juga harus menyiapkan anggaran cadangan, sebagai anggaran tak terduga, yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. 

Selain itu, Bupati muda ini juga menambahkan anggaran P-APBD nantinya akan digunakan untuk berbagai upaya percepatan. Seperti halnya pemenuhan layanan kesehatan, melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, penanganan banjir, meningkatkan OVOP maupun meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia (SDM). 

"Kita melakukan percepatan-percepatan, seperti SDM dan infrastruktur yang harus kita kejar. Karena saya seharusnya kan lima tahun, persiapan 3,5 tahun jadi kita harus melakukan percepatan-percepatan yang ada," katanya. 

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, Miyadi menjelaskan jika Peraturan Daerah (Perda) P-APBD Kabupaten Tuban, tahun 2023 baru bisa disahkan akhir Bulan September ini. 

Menurutnya, sisa penggunaan P-APBD hanya berkisar tiga  bulan lagi, yaitu Bulan Oktober, November dan Desember.

Meski cukup ragu dengan target yang disampaikan oleh Pemkab, namun politis asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini optimis Pemkab Tuban bisa mencapai target yang diinginkan, dengan kurun waktu 3 bulan ini.

"Saya bersyukur kalau itu ditargetkan 80 persen di akhir tahun, tapi tanda tanya besar bagi saya apakah itu berhasil atau tidak, tergantung dari OPD yang melaksanakan dalam melaksanakan perencanaan dan alokasi waktu yang disiapkan," jelasnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS