Suhu di Tuban dan Lamongan Tembus 34, Bojonegoro 35 Derajat Celcius

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ada empat kecamatan di Kabupaten Tuban yang masuk kategori terpanas jika dibandingkan dengan wilayah lain, Sabtu (16/9/2023). Sebab, suhunya mencapai 34 derajat celcius.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), empat kecamatan yang bersuhu 34 derajat celcius yakni Kecamatan Parengan, Rengel, Senori, dan Soko.

Sedangkan untuk wilayah dengan kategori sedang atau bersuhu 33 derajat celcius, yaitu Kecamatan Widang, Tuban, Semanding, Plumpang, Palang, Montong, Merakurak, Jenu, dan Grabagan. Lalu, wilayah kecamatan lainnya bersuhu 32 derajat celcius.

BMKG menyebutkan, cuaca cerah berlangsung sejak pukul 07.00 hingga 22.00 Wib. Tidak ada awan yang menyelimuti langit Tuban berdasarkan prediksi dari BMKG.

Selain suhu yang panas, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai gelombang tinggi 1,25-2,50 meter yang terjadi di Perairan Tuban-Lamongan. Secara khusus tinggi gelombang di Perairan Tuban berkisar 0,75-1,75 meter.

Suhu 34 derajat celcius juga terjadi di Lamongan. Beberapa kecamatan tersebut yang masuk kategori terpanas yakni, Babat, Bluluk, Kedungpring, Mantup, Modo, Ngimbang, Sambeng, Sukodadi, dan Sukorame.

Sedangkan suhu di Bojonegoro tembus 35 derajat celcius. Suhu tersebut hanya dilaporkan BMKG di dua kecamatan yakni, Kecamatan Ngambon, dan Sekar. [Ali/Dwi]