Puting Beliung Mulai Terjang Tuban, Rumah Warga Ambruk

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Puting beliung atau dikenal dengan angin ribut kini sedang menghantui Kabupaten Tuban. Tercatat sudah 2 kecamatan yang diterjang angin tersebut, yaitu Kecamatan Semanding, dan Kerek. 

Camat Kerek, Nanang Wahyudi mengatakan, puting beliung telah menerjang wilayahnya yang ada di Desa Gemulung, Kerek tepat pukul 13.00 Wib, Selasa (5/9/2023). 

"Ada satu rumah warga Desa Gemulung yang ambruk milik Purnadi (35) di Dusun Gesikan Rt01/Rw04," ujar Camat Nanang kepada blokTuban.com. 

Camat Nanang menambahkan, kerusakan terparah rumah Purnadi ada di bagian teras/ kanopi yang terbuat dari gavalum. Ditaksir kerugiannya mencapai Rp12,5 juta. 

Sementara itu, di wilayah Kecamatan Semanding rumah yang diterjang puting beliung berada di Desa Bektiharjo. Penghuni rumah, Dika (20) menjelaskan puting beliung terjadi pada Sabtu (3/9/2023) sekitar pukul 14.00 Wib. 

Beruntung saat rumah tersebut diterjang angin tidak ada orang di dalam rumah. Hanya atap rumah rusak dan porak poranda akibat amukan angin. 

"Hanya rumah saya yang rusak. Kerusakannya langsung saya perbaiki bersama ayah," jelasnya. 

Akibat bencana angin puting beliung tersebut, Dika dan keluarganya mengalami kerugian 1 juta rupiah. [Ali]