Pemadaman Sisa Kebakaran Lahan Berlanjut Pagi Ini

Reporter : M. Nur Kholis

blokTuban.com - Tim pemadam gabungan dari beberapa perusahaan dan pemerintah masih berjibaku memadamkan sisa titik api di lahan area proyek Kilang GRR Tuban, Selasa (5/9/2023). 

Informasi yang dihimpun dari dari Satpol PP dan Damkar Tuban, pembasahan sisa titik api berlangsung sejak pukul 06.30 Wib. Lokasi kebakaran berada di eks lahan Perhutani masuk wilayah administrasi Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban. 

Pantauan di lokasi, sejumlah kendaraan pemadam masih berada di lokasi kebakaran. Terlihat pula asap putih dari beberapa titik yang menjadi fokus pembasahan petugas pemadam. 

Meskipun kobaran api sudah padam, namun pihak tim Kilang Pertamina Internasional (KPI) Fungsi Early Work GRR Tuban belum memberikan keterangan resmi terkait penyebab dan taksiran kerugian dari insiden yang terjadi pada Senin (4/9/2023) siang itu. 

Api mulai membakar semak dan merembet tumpukan kayu jati sekitar pukul 13.30 Wib. Api terus membesar seiring kencangnya angin di lokasi kejadian. 

Sebelumnya, M. Solihin, Senior Project Manager Early Work GRR Tuban akan bertanggungjawab penuh atas insiden tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan investigasi mendalam bersama pihak yang berkompeten usai pemadaman selesai. 

Pemadaman kebakaran di lahan area proyek GRR Tuban dilakukan oleh tim KPI Early Work GRR Tuban dibantu Satpol PP dan Damkar, Pemkab Tuban, warga sekitar, TPPI, TBBM, dan PLN Nusantara Power. Selain itu, pihak Polsek Jenu dan Koramil 0811/15 Jenu mengamankan areal perimeter lahan yang terbakar. [Nur/Ali]