Batik Tulis Klasik Sekar Melati, Goresan Tangan Perempuan Tuban yang Miliki Gambar Dua Sisi

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Salah satu hal yang menjadi daya tarik Kabupaten Tuban yakni dikenal sebagai sentra batik. Namun bagi kalian yang ingin mencari sebuah batik yang memiliki motif detail dan indah, coba intip batik tulis Klasik Sekar Melati Semanding.

Batik tulis Klasik Sekar Melati merupakan batik asli Desa/Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Batik Sekar Melati identik dengan dengan detail motif dan warnanya yang terbilang awet. 

Salah seorang pengrajin batik tersebut adalah Darsilah (60) yang merupakan warga Desa/ Kecamatan Semanding. Kepada blokTuban.com ia mengatakan jika telah mulai mengenal dunia batik sejak dari kecil dari ibunya. 

"Mengenal membatik sejak dulu waktu masih kecil, dan dulu saya sering melihat ibu saya membatik," ujar Darsilah.

baca juga:

Cara Unik Peringati HUT ke 78 RI, Warga Desa Gaji Tuban Tampilkan Fashion Show Batik Gedhog

Dengan kemampuannya tersebut ia kemudian mengembangkan dan membuat produknya sendiri. Darsilah menambahkan jika untuk membuat batik Tulis Klasik Sekar Melati membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebab dalam satu bulan, ia hanya bisa memproduksi 2 potong kain batik berukuran 2x2 meter. 

"Karena pengerjaan harus detail maka dalam satu bulan hanya bisa menyelesaikan 2 potong saja," sambungnya. 

Berbagai motif batik tulis Klasik Sekar Melati khas Tuban. (Foto: M Nurkholis/ bloktuban)

Selain kedetailannya, menurut Darsilah kain sebelum dibatik akan dicuci terlebih dahulu, untuk kemudian pada selembar kain akan dibatik 2 sisinya. Hal inilah yang membedakan dengan batik pada umumnya yang hanya dibatik satu sisi saja. 

Pembatikan dua sisi bukan tanpa alasan. Menurutnya jika sebuah kain dibatik dengan dua sisi, maka warna akan lebih menancap ke kain dan hasilnya akan lebih bagus lagi. 

"Saya pakai dari 2009 hingga sekarang warnanya masih bagus," bebernya. 

baca juga:

Target Ekspor Naik USD 100 Juta, Batik Tuban Masuk Indikasi Geografis Batik 2023

Sampai saat ini produk buatan Darsilah sudah Memiliki 27 motif seperti Tekuk Dengkul, Sekar Jagat, Deniris, Sidomukti, Kawung, Gambir Seketek, Sigar Kupat, Simbar Keling, Ceplok Cengkir Gading, Sarang Madu,dan lain-lain. Saat ini batik buatan Darsilah sudah merambah pasar pulau Jawa seperti, di Kabupaten Mojokerto, Kota Surabaya, dan Solo. 

Untuk batik dengan ukuran 2x2 meter oleh Darsilah dibanderol dengan harga Rp700 ribu, namun harga akan berbeda jika motif lebih detail dan bahan yang dipakai juga lebih lebar lagi. 

Bagi kalian yang tertarik untuk membeli batik ini, kalian harus  pesan terlebih dahulu, dengan menghubungi nomor whatsapp 0821-4049-5861. Atau datang ke Desa Semanding Rt. 02/Rw. 03 Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban (50 meter, Selatan Koramil Semanding). [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS