155 Hektare Lahan Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp70 Miliar

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Kebakaran hebat yang membakar lahan kosong Grass Root Refinery (GGR) Tuban di eks lahan perhutani area proyek Kilang Tuban Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu pada Senin (5/09/2023), ternyata bukan kali pertama. 

Ditemui blokTuban.com di ruangannya, Kapolsek Jenu IPTU Rianto, menjelaskan jika sebelumnya sekitar 2 hari lalu lahan kosong ini,  sempat mengalami kebakaran namun tak sampai membesar seperti sekarang. 

"Kemarin lahan tersebut juga mengalami kebakaran dari rerumputan kering, tapi tak sampai meluas seperti saat ini," ujarnya IPTU Rianto

Lebih lanjut, Rianto juga menambahkan bahwa kebakaran pertama disebabkan karena ulah dari Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Rianto juga menceritakan bahwa saat adanya pertemuan dengan pihak Pertamina yang dilakukan pada bulan kemarin. Ia sempat menyampaikan agar pihak Pertamina mengantisipasi dan menyiapkan alat untuk memadamkan api di musim kemarau. 

"Kemarin saat ada pertemuan, sempat saya sampaikan agar mengantisipasi. Menghadapi musim kemarau sangat rawan terjadi kebakaran," sambungnya.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Kapolsek Tuban kota ini menambahkan, jika sampai saat ini polisi masih fokus untuk upaya memadamkan api, dan untuk dugaan masih dilakukan upaya penyelidikan. 

"Kita masih fokus pemadaman untuk penyebabnya kita masih lakukan upaya penyelidikan," katanya. 

Dari kejadian kebakaran Ini, terdapat 155 hektar lahan GGR Tuban yang terbakar. Ditaksir kerugian mencapai Rp50 hingga Rp70 miliar, karena banyak kayu jati ikut terbakar. 

Sebagai informasi tambahan kebakaran ini terjadi mulai pukul 10.00 Wib Senin (4/9) pada hari Senin kemarin. Api pokok berhasil dipadamkan pada pukul 03.00 WIB hari Selasa (5/9/2023).

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, sampai saat ini petugas pemadam kebakaran masih berupaya melakukan upaya pembahasan.

Sebelumnya, M. Solihin, Senior Project Manager Early Work GRR Tuban akan bertanggungjawab penuh atas insiden tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan investigasi mendalam bersama pihak yang berkompeten usai pemadaman selesai. 

Pemadaman kebakaran di lahan area proyek GRR Tuban dilakukan oleh tim KPI Early Work GRR Tuban dibantu Satpol PP dan Damkar, Pemkab Tuban, warga sekitar, TPPI, TBBM, dan PLN Nusantara Power. Selain itu, pihak Polsek Jenu dan Koramil 0811/15 Jenu mengamankan areal perimeter lahan yang terbakar.  [Nur/Ali]