Sederet Prestasi Bushido Ajie Saputra, Wakili Kempo Jatim Asal Tuban di Popnas

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blok Tuban.com - Memiliki minat pada Cabang Olahraga (Cabor) Kempo sejak usia dini, berhasil membuat Bushido Ajie Saputra berada menjadi atlet dengan segudang prestasi. Diusianya yang masih sangat muda yaitu 14 tahun. 

Remaja yang akrab disapa Bushido ini, berhasil mengharumkan nama Kabupaten Tuban dengan menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur (Jatim) Cabor Kempo di kancah nasional pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023, yang diselenggrakan di Palembang pada Bulan September 2023 mendatang.

Kepada blokTuban.com, Pelatih Kempo sekaligus ayah Bushido, Hari Winarko mengatakan jika bakat kempo yang dimiliki oleh putra keduanya tersebut, sudah terlihat sejak masih duduk dibangku Taman Kanak-kanak (TK). 

"Sejak usia dini sekolah TK itu, Bushido sudah mulai tertarik ikut-ikut latihan kempo," ujarnya, Selasa (29/8/2023). 

Ketertarikan Bushido ini sendiri, lanjutnya, berawal dari seringnya melihat sang ayah dan kakak pertamanya berlatih kempo. Sehingga munculah ketertarikan dan keinginannya untuk ikut berlatih olahraga kempo. 

Baca Juga:

Daftar 24 Pemain Timnas Indonesia Lawan Turkmenistan di Surabaya

Berkat keseriusan dan kegigihannya berlatih inilah, remaja yang tinggal di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding dapat meraih berbagai penghargaan. Baik di tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. 

"Pada tahun 2016 lalu, Bushido juga mengikuti kejuaraan nasional. Di kelompok usia pemula dinomor embo pemasangan tingkat 3, dan mendapatkan juara satu," bebernya. 

Dari pengalaman hebat tersebut, tahun ini Bushido akan kembali tampil di ajang nasional, untuk mewakili Jatim dengan berbagai persiapan yang telah dilakukannya. Baik berlatih di Pemusatan Latihan Kabupaten (Puslatkab) Tuban ataupun berlatih secara khusus, baik dari segi fisik maupun mental. 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Hari ini berharap pada saat pertandingan nanti, putra kebanggaannya tersebut dapat pulang dengan membawa medali penghargaan serta bisa menjadi atlet kempo nasional. 

"Saya selaku orangtua sekaligus pelatih Bushido sangat bangga sangat bangga atas prestasi yang diraih, harapan saya semoga nanti Bushido bisa membawa pulang medali dan menjadi juara," imbuhnya.  

Baca Lainnya:

Tarif Panjar Biaya Perkara Gugatan di PA Tuban

Untuk diketahui, selain menjadi juara 1 di tingkat nasional, remaja kini duduk di bangku kelas delapan SMPN 1 Tuban ini  juga pernah menjadi juara dalam ajang perlombaan lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Juara 1 embu pasangan campuran kyu 3 Kejurnaskot Tangerang 22-23 Oktober 2016

2. Juara 1 embu pasangan campuran pemula kyu 3 Kejurprov kempo Jatim Kediri 25-27 November 

2016

3. Juara 1 embu pasangan campuran pemula kyu 2 Kejurprov kempo Jatim di Pasuruan 3-5 Nopember 2017

4. Juara 3 embu beregu pemula Kejurnaskot jakarta 13-15 Januari 2018

5. Juara 1 embu pasangan campuran kyu 2 tingkat SD Kejuaraan kempo antar pelajar se Jatim di Jombang 2-4 Nopember 2018

5. Juara 1 yunior putra kyu Kenshi kejuaraan kempo tandoku online 12 Juli 2020

6. Juara 1 embu solo pemula kyu 2 kejuaraan nasional pelajar 6 Februari 2021

7. Juara 1 embu pasangan campuran kyu 2 kejurprov kempo Jatim Kediri 10-12 Desember 2021

8. Juara 1 embu beregu campuran Porprov Jatim VII Jember 

3 Juli 2022

9. Juara 2 embu pasangan campuran kyu 2 kejurnas kempo Surakarta 8-11 September 2022

10. Juara 2 embu pasangan campuran kyu 2 seleksi atlet POPNAS kempo Jatim Surabaya 8 Juli 2023. 

 

[Sav/Ali]