Program Pemasangan 1.124 PJU di Tuban Berpotensi Molor

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Program pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kabupaten Tuban tahun anggaran 2023 tak berjalan mulus. Sebab, tim di lapangan terkendala pemilihan titik lokasi PJU, Sabtu (26/8/2023). 

Rata-rata pengerjaan PJU memakan waktu 60 hari hingga 3 bulan per titik. Pada tahun 2023 ini, Pemkab Tuban menarget 1.124 titik PJU terpasang. 

"PJU ini sumber listriknya ada dua, yaitu sambungan PLN dan tenaga surya," ujar Kepala Bidang Penerangan Jalan dan Umum Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Tuban, Slamet Hariyanto dikutip blokTuban.com dalam keterangan resminya. 

Jumlah PJU yang tersambung jaringan PLN kurang lebh 812 unit, dan menggunakan sumber tenaga surya ada 312 unit. PJU mulai dipasang sejak 27 Maret dan ditarget rampung pada 31 Oktober 2023 mendatang. 

Slamet menambahkan, pengerjaan instalasi PJU tidak luput dari kendala atau hambatan. Salah satunya adalah dalam pemilihan lokasi pemasangan PJU, di mana beberapa titik tidak memiliki akses ke jaringan listrik PLN.

“Selain itu, penentuan lokasi juga mempertimbangkan kemungkinan adanya rencana pelebaran jalan yang dapat mengganggu instalasi PJU yang telah dipasang. Dalam hal ini, koordinasi dengan pihak desa dan kecamatan menjadi krusial untuk memastikan lokasi yang sesuai,’’ bebernya.

Slamet menuturkan, ada semangat yang tinggi dari masyarakat Kabupaten Tuban yang ikut berkontribusi dalam pemasangan PJU. Mayoritas dari mereka dengan senang hati memberikan izin untuk memasang PJU di sekitar daerah tempat tinggal mereka.

“Nah, karena ada respon positif dari masyarakat, kami merencanakan adanya penambahan sebanyak 2.010 titik instalasi PJU pada tahun 2024 mendatang, termasuk yang akan didanai melalui anggaran P-APBD,’’ terangnya.

Slamet berharap pemasangan PJU akan terus berjalan lancar sesuai rencana dengan melibatkan serta berkolaborasi dengan pihak kecamatan dan desa, guna memberikan manfaat dan kenyamanan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Tuban. [Ali]