Larangan Parkir Sembarangan di Jalan Sunan Kalijogo Tuban Tak Dihiraukan?

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Larangan parkir sembarangan di Jalan Sunan Kalijogo yang dibuat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban beberapa waktu belakangan ini, nampaknya belum cukup efesien di masyarakat. 

Pasalnya, hingga satu bulan peraturan itu dibuat, masih ada saja kendaraan roda 4 yang melanggar, seolah tidak menghiraukan plang himbauan yang telah dipasang oleh Pemkab tersebut. 

Bahkan, dari pantauan blokTuban.com di lapangan, nampak plang peringlatan larangan parkir sembarangan tersebut tersisihkan, dan masih banyak kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di bahu jalan. Padahal dalam aturannya, akan dilakukan penderekan terhadap kendaraan yang parkir sembarangan. 

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, Yuli Imam Isdarmawan mengatakan untuk mengoptimalkan aturan tersebut, DLHP Tuban bersama Satlantas Polres Tuban, rutin melakukan patroli pada saat hari wekeend dan libur nasional. 

"Untuk Jalan Kalijogo setiap akhir pekan dan weekend tetap kami patroli bersama Satlantas juga mbak. Sambil edukasi dan sosialisasi terkait aturan tersebut," ujarnya kepada blokTuban.com, Rabu (23/8/2023). 

Selain melakukan patroli rutin, pihaknya juga saat ini tengah menyiapkan lahan parkir sementara, yang berada di lahan Utara Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupetan Tuban. 

Namun, sambil menunggu lahan tersebut siap digunakan, Imam sapaan akrabnya mengaku rutin melakukan patroli dan mengarahkan kepada masyarakat, untuk parkir sesuai dengan tempatnya, agar tidak menggangu jalannya arus lalu lintas di tempat tersebut. 

"Kita fokuskan dulu di malam minggu atau hari libur mbak untuk lokasi tersebut, kita carikan solusi dulu utk menampung parkir kawasan Sunan Kalijogo dan GOR," katanya. 

Oleh karena itu, ia berharap setelah lokasi lahan parkir di luar badan jalan tersedia, masyarakat tidak lagi memarkirkan kendaraan secara sembarangan di kawasan tersebut. 

"Selanjutnya bisa menggunakan fasilitas parkir luar badan jalan yang disediakan, sehingga  bisa menciptakan kelancaran lalu lintas di wilayah Kalijogo dan GOR," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS