Kesehatan Mental Ibu Muda Rentan Terguncang, Ikuti Tips Mengatasinya Berikut

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Terdapat sebuah studi dari Rumah Sakit Anak McMaster yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health, menemukan bahwa dua dari tiga ibu muda (berusia 21 tahun ke bawah, red) memiliki satu masalah kesehatan mental setelah melahirkan. 

Dikutip dari laman forbes.com, ibu muda ditemukan memiliki prevalensi tantangan kesehatan mental hingga empat kali lebih tinggi daripada rekan dan ibu mereka yang berusia lebih dari 21 tahun, dengan hampir 40% ibu muda memiliki lebih dari satu masalah kesehatan mental.

Beberapa masalah kesehatan mental yang mendera ibu muda diantaranya termasuk depresi, berbagai gangguan kecemasan, dan hiperaktif. 

Temuan ini, meskipun menggelisahkan, menjelaskan tantangan kesehatan mental para ibu muda dengan lebih baik dan membuka pintu bagi para peneliti dan dokter untuk menciptakan proses penyaringan yang lebih inklusif untuk memastikan kesehatan dan keselamatan ibu muda dan anak-anak mereka.

Berdasarkan laman Halodoc, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan apabila terdapat tanda-tanda gangguan mental bagi ibu muda.

1.  Membuat Jadwal Harian

idak hanya anak sekolah atau pekerja kantoran, ibu rumah tangga juga butuh jadwal harian untuk mengatur aktivitasnya supaya tidak berantakan dan lebih ringan. Selain itu, ibu rumah tangga juga jadi bisa mengukur jam kerja yang dia lakukan dan mengimbanginya dengan istirahat yang cukup.

2. Istirahat yang Cukup

Tidak hanya anak sekolah atau pekerja kantoran, ibu rumah tangga juga butuh jadwal harian untuk mengatur aktivitasnya supaya tidak berantakan dan lebih ringan. Selain itu, ibu rumah tangga juga jadi bisa mengukur jam kerja yang dia lakukan dan mengimbanginya dengan istirahat yang cukup.

3. Ngobrol dengan pasangan

Ketika merasa lelah dan benar-benar kewalahan menjalankan pekerjaan rumah yang seakan tidak habisnya, jangan pernah sungkan berbicara dengan pasangan. Mintalah suami bergantian melakukan pekerjaan rumah saat hari libur atau pulang kerja.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS