10 Penyakit Ini Wajib Diwaspadai di Musim Kemarau Imbas El NIno

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Tuban, meminta masyarakat untuk waspada terhadap berbagai jenis penyakit yang mengintai selama musim kemarau.

Terlebih pada musim kemarau tahun 2023 ini, terdapat penguatan fenomena El Nino yang menyebabkan kemarau lebih kering dan juga panjang, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes P2KB Tuban, Atiek Supartiningsih melalui Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular (P2PM), Heru Widodo mengatakan setidaknya terdapat 10 dampak kesehatan tubuh, yang disebabkan oleh penguatan Fenomena El Nino saat ini.

“Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menyebutkan setidaknya ada 10 dampak El Nino bagi kesehatan. Salah satunya adalah gangguan kekurangan makanan, sampai ke malnutrisi,” ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga:

Sekolah Perjual Belikan LKS Bahan Ajar? Dinas Pendidikan Tuban: Jangan Ada Paksaan!

Hal tersebut, lantaran selama penguatan El Nino ini berlangsung, diprediksi akan terjadi gangguan ketersediaan atau ketahanan pangan di Indonesia.

Selain itu, pria yang akrab disapa Heru ini juga mengungkapkan pada musim kemarau ini, masyarakat juga perlu waspada terhadap peningkatan kejadian penyakit menular, akibat kombinasi menurunnya hygiene sanitasi, ataupun perubahan pola hidup penular penyakit.

“Yang perlu diwaspadai juga yaitu peningkatan penyakit, yang berhubungan dengan air atau water borne disease, karena keterbatasan ketersediaan air dan sanitasi,” katanya.

Disisi lain, peningkatan penyakit paru dan saluran pernafasan yang berhubungan dengan terjadinya polusi udara, serta penyakit akibat cuaca panas, atau heat strees juga perlu diwaspadai oleh masyarakat.

Bahkan, Heru menambahkan bahwa penguatan fenomena El Nino ini juga bisa berdampak pada psikososial, kejiwaan, ataupun peningkatan penyakit menular vector, karena adanya perubahan pola hidup vektor, seperti nyamuk, tikus, ataupun lainnya.

Baca lainnya:

9 Pilihan Olahraga yang Cocok untuk Orang Usia 50 Lebih

“Kasus demam berdarah juga harus diwaspadai saat musim panas, karena musim bertelur nyamuk mencapai puncaknya. Suhu yang hangat, membuat siklus hidup nyamuk menjadi cepat, sehingga aka nada banyak telur yang menetas, sehingga diprediksi kasus demam berdarah meningkat,” jelasnya.

Kendati demikian, Heru menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk tidak panik dalam menghadapi penguatan fenomena El Nino ini. [Sav/Ali]