Pendaftaran Sekolah Negeri di Tuban Digratiskan Imbas 3 SDN Nol Siswa di PPDB 2023

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - PPDB sekolah negeri di Kabupaten Tuban menyisakan catatan krusial. Sebab, hingga ditutupnya PPDB ada 3 SDN yang tidak mendapatkan siswa baru satupun. 

SD negeri nol siswa itu ada di wilayah Kecamatan Kerek, Tambakboyo, dan Widang. Dinas Pendidikan Tuban pun tidak tinggal diam melihat fenomena itu. 

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Tuban, Abdul Rakhmat berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa. Tak berselang lama, ketiga lembaga tersebut telah memperoleh siswa baru.

Rinciannya SDN Kedungrejo 2 Kerek sebanyak 4 siswa, SDN Dasin 1 Tambakboyo 4 siswa dan SDN Banjar Widang 2 siswa.

“Dengan demikian semua proses belajar mengajar saat ini dapat terlaksana di seluruh SD dan SMP di Kabupaten Tuban,” katanya dikutip blokTuban.com, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga:

Apa Itu Kurikulum Merdeka? Ketahui 3 Karakteristiknya

Sejalan dengan arahan Bupati Tuban, bahwa pendaftaran sekolah negeri di Kabupaten Tuban tidak dipungut biaya alias gratis. Pihaknya juga intens melakukan monitoring ke sejumlah sekolah guna memastikan pelaksanaan kebijakan berjalan sebagaimana mestinya.

Mengacu pada pelaksanaan PPDB tahun 2023, Dispendik Kabupaten Tuban akan melakukan pendataan perihal persebaran lembaga pendidikan dan siswa di tiap desa. 

"Langkah ini sebagai dasar penyusunan penyelenggaraan PPDB mendatang," tegasnya. [Ali]