Sehari Ada 4 Titik Kebakaran di Tuban, Korban Satu Orang Luka Bakar

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam waktu satu hari, empat lokasi di Kabupaten Tuban terjadi kebakaran. Akibatnya, satu rumah terbakar dengan kerugain ditaksir jutaan rupiah.

Kepala Sapol PP dan Damkar Tuban, Gunadi mengatakan peristiwa kebakaran terjadi di Desa Saringembat, Kecamatan Singgahan, Widengan, Kelurahan Gedongombo, Desa Glodog dan juga Desa Leran Wetan yang ada di Kecamatan Palang.

“Untuk Kebakaran yang di Desa Saringembat dan juga Widengan, penyebabnya hampir sama yaitu warga sengaja membakar sampah atau daun bambu setelah melakukan kerja bakti, sehingga api menjalar,” kata Gunadi kepada blokTuban.com, Senin (31/7/2023).

Adapun kebakaran yang terjadi di Desa Leran Wetan, lanjutnya, pemicunya lantaran tungku penggorengan yang digunakan untuk menggoreng kerupuk, di rumah bagian dapur milik Agus Priyanto merambat ke tumpukan kayu, sehingga kebakaran tak bisa dihindarkan.

Baca Juga:

Dua Bulan Ada 6 Hektare Lahan Hutan di Tuban Terbakar

Sementara api yang melalap lahan kosong yang ditumbuhi oleh ilalang kering di Desa Glodog sendiri. Sampai saat ini belum dapat dipastikan apa penyebab dari kebakaran tersebut, dan masih dalam penyelidikan oleh Polsek Palang.

“Kejadiannya di waktu yang berbeda-beda, yang di Desa Saringembat kejadian sekitar pukul 09.25 Wib, di Kelurahan Gedongombo 11.37 Wib, di Desa Glodog pukul 14.09 Wib, untuk yang di Desa Leran Wetan kejadiannya malam sekitar pukul 21.57 Wib,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja satu orang mengalami luka bakar, pada bagian tangan saat kebakaran terjadi di Desa Leran Wetan, dan kerugian materil ditaksir Rp75 juta.

Lebih lanjut, atas adanya kejadian ini, maka Gunadi menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban untuk menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran dan pengalaman bersama.

Baca Lainnya:

Ketahui 3 Dampak Akibat Kebakaran Hutan di Tuban yang Marak Terjadi

"Agar dapat lebih berhati-hati dalam beraktivitas yang berkaitan dengan api, serta berhati-hati saat membakar sampah maupun semak belukar," tandasnya. [Sav/Ali]