Kisah Ade Warga Bandung Merantau ke Tuban Jualan Bendera

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Memasuki bulan Agustus para pedagang bendera merah putih di Kabupaten Tuban mulai menjamur. Ternyata sebagian pedagang tersebut merupakan perantau dari Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. 

Salah satu penjual bendera di Kabupaten Tuban yang berasal dari Kota Bandung yaitu Ade (44). Kepada blokTuban.com ia menuturkan bahwa ia datang ke Tuban bersama lima orang temannya sejak tanggal 27 Juli 2023 kemarin. 

"Saya datang ke sini bersama 5 orang teman saya dari Bandung untuk jualan bendera," ujar Ade kepada blokTuban.com.

Ade juga menjelaskan bahwa bendera yang dijual, bukanlah bendera milik pribadinya. Ia hanya menjualkan bendera milik orang lain. 

"Ini bendera milik orang lain, saya hanya menjualkan," sambungnya. 

Baca Juga:

Sangkar Perkutut Produksi Tuban Tembus Pasar Nasional, Sebulan Terjual 100 Buah

Lebih lanjut ternyata, berjualan bendera telah Ade lakukan setiap tahunnya di berbagai daerah di pulau Jawa. Namun, untuk wilayah Kabupaten Tuban, Ade menjelaskan kalau baru kali ini berjualan di Tuban. 

"Biasanya ya di kota-kota lain, di Tuban saya baru kali ini," bebernya. 

Dari keterangan Ade, saat ini pembeli bendera di Bumi Wali masih sepi. Bahkan mulai tanggal 28 hingga tanggal 31 Juli, Ade baru menjual 8 buah bendera. 

Untuk bendera yang dijual Ade harganya cukup bervariasi, mulai dari harga Rp15 ribu hingga Rp80 ribu juga ada. Selain itu harga tersebut masih bisa ditawar. 

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai ojek di Kota Bandung ini, menjelaskan kalau di Kabupaten Tuban hanya sampai tanggal 10 Agustus. Setelah itu ia akan kembali lagi ke kota Bandung untuk beraktivitas seperti biasanya. 

"Di Tuban kemungkinan sampai tanggal 10 Agustus," paparnya. 

Baca Lanjutnya:

Tangkap Peluang Bisnis Layang-layang, Tukang Becak di Tuban Alih Profesi

Bagi kalian yang tertarik untuk membeli bendera yang dijual oleh Ade, kalian bisa datang langsung ke jalan Diponegoro Tuban. Nantinya dapat jumpai lapak Ade yang ada di depan Masjid Rahmat. [Nur/Ali]