Tersedia 2.244 Loker, Ribuan Pencari Kerja Serbu Pameran Job Fair di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pameran bursa kerja atau job fair yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, yang bertempat di Hall Room Hotel Mustika Tuban disambut antusias oleh masyarakat di Kabupaten Tuban.

Hal tersebut, terlihat dari banyaknya pencari kerja yang mengunjungi Hotel Mustika Tuban untuk mencari atau mengapply lowongan pekerjaan yang telah disediakan oleh bebeberapa perusahaan, baik dari Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten.

Diketahui, pada pameran bursa kerja tahun ini, setidaknya terdapat 2.244 lowongan pekerjaan yang dibuka oleh 26 perusahaan, dengan 76 formasi yang ditawarkan.

Kepada blokTuban.com, salah seorang panitia pameran, Angga mengatakan selama dua hari pameran bursa kerja ini digelar, terhitung sudah ada 2.083 pengunjung atau pencari kerja yang datang ke pameran tersebut.

“Kunjungan ada 2.083 orang, pameran ini untuk umum jadi semua kabupaten bisa ikut bukan hanya dari Kabupaten Tuban saja,” ungkapnya saat ditemui di lokasi acara, Kamis (27/7/2023).

Dari 2.083 pengunjung yang datang, lanjutnya, 56,1 persen atau 1.168 orang adalah berjenis kelamin laki-laki, sementara 43,9 persen atau 915 orang lainnya berjenis kelamin perempuan.

Menurutnya, jumlah kunjungan tersebut lebih banyak tahun lalu dibandingkan tahun ini. Sebab pada tahun lalu, ada beberapa sekolahan yang mengirimkan siswa kelas dua, untuk mengikuti bursa kerja sebagai tugas dari sekolah.

“Kalau sekarang tidak boleh, cuma kelas tiga aja yang boleh ikut. Jadi dulu itu kebanyakan memang masih kelas dua SMA banyaknya dari situ, kalau sekarang nggak semuanya pencari kerja,” sambungnya.

Selain itu, Angga juga menjelaskan jika rata-rata pencari kerja yang datang didominasi oleh lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu sebanyak 64,7 persen, diurutan kedua adalah lulusan Diploma 4 atau Sarjana yaitu berjumlah 29,4 persen, sedangkan sisanta ialah lulusan D3, D1 dan S2.

Senada, salah satu perusahaan turut berpartisipasi dalam pameran ini, FWD Insurance mengungkapkan jika partisipasi dari pelamar kerja sangat luar biasa. Bahkan, belum genap sehari ia sudah mendapatkan kurang lebih 100 pelamar.

“Luar biasa antusiasnya, apalagi kita juga punya stand-stand yang strategis dan antusias yang melamar pekerjaan juga banyak, ini aja sudah hampir 100 pelamar, kemarin kemungkinan juga sampai segitu juga,” ujar Direksi FWD Insurance Tuban, Sultan Bumi Baja.

Adapun formasi lowongan pekerjaan yang dibuka oleh FWD Insurance ini sendiri, meliputi admin, manager, dan juga marketing.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja, Anjel dari Kecamatan Kerek mengaku menaruh harapan besar bisa diterima disalah satu perusahaan yang telah ia lamar hari ini.

“Sangat berharap bisa diterima mbak, tadi saya bawa 10 lamaran pekerjaan, yang lamar rata-rata diposisi sebagai admin,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS