Vakum 3 Tahun, Khitan Massal Kembali Meriahkan Haul Sunan Bonang Tahun Ini

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Peringatan Haul Sunan Bonang yang ke-514 H tahun ini, agaknya akan lebih berbeda dibandingkan dengan peringatan haul selama dua tahun terakhir ini.

Pasalnya, pada Tahun 2020 hingga 2022 kemarin, perayaan Haul Sunan Bonang Tuban diadakan dengan rangkaian acara sederhana, seperti kegiatan Tahtimul Qur’an Bin Nadhor, Pertemuan Alim Ulama, Tahthimul Qur’an Bil Ghoib, dan juga Tahlil Akbar.

Kondisi ini, terjadi lantaran adanya Pandemi Covid-19 yang melanda Bumi Wali Tuban, sejak awal Tahun 2020 lalu. Namun, seiring dengan status pandemi menjadi endemi, kini peringatan Haul Sunan Bonang Tuban akan kembali diadakan dengan lebih semarak.

Kendati jadwal acara masih belum dipastikan secara gamblang, namun Sekretaris Panitia Haul Sunan Bonang, Muhammad Althof memastikan jika pada peringatan haul tahun ini akan kembali mengadakan khitan massal gratis.

“Betul mbak tahun ini kita membuka pendaftaran khitan massal, dalam rangka Haul Sunan Bonang. Pendaftaran sendiri akan dibuka sampai (9/8/2023) nanti,” katanya kepada blokTuban.com, Minggu (23/7/2023).

Menurutnya, bagi yang ingin mengikuti kegiatan khitan massal tersebut, maka cukup melakukan pendaftaran dengan datang ke Kantor Sekretariat Sunan Bonang, yang berada di Kompleks Makam Sunan Bonang, tepatnya di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Adapun kegiatan khitan massal ini, lanjutnya, tidak hanya diperuntukkan bagi anak yang ada di Kabupaten Tuban saja, akan tetapi juga anak yang tinggal di luar Kabupaten Tuban.

“Anak dari luar kabupaten juga boleh, namun selama ini yang mendaftar adalah anak-anak dari Wilayah Tuban saja, baik anak yang berasal dari kota maupun Kecamatan Tuban,” sambungnya.

Lebih lanjut, kendati kuota khitan massal tidak dibatasi oleh pihak patinia, namun Althof sapaan akrabnya mengaku jika setiap tahunnya pihaknya melayani kurang lebih 90 hingga 100 anak untuk khitan massal ini, tergantung dari jumlah pendaftarnya.

“Untuk tahun ini, kami belum mendapatkan jumlah pasti anak yang akan disunat, karena saat ini masih dalam proses pendaftaran,”tandasnya. [Sav/Ali]