Ribuan Peziarah Iringi Pemakaman KH. Abdullah Munif Marzuqi

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Ribuan jamaah dari berbagai daerah mengiringi pemakaman KH. Abdullah Munif Marzuqi, yang merupakan Masyayikh dari Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan Widang, menuju ke tempat peristirahatan terakhirnya, Jumat (21/7/223). 

Diketahui, KH. Abdullah Munif Marzuqi tutup usia pada Kamis (20/7/2023) malam dan baru dimakamkan keesokan harinya. Hal tersebut, pertama kali diketahui dari akun Instagram milik Ponpes Langitan.  

Terlihat, bukan hanya santri dari Ponpes Langitan saja yang memadati area kompleks Ponpes Langitan, namun para alumni, masyarakat sekitar, para pejabat hingga kiai-kiai dari berbagai daerah turut mengiringi pemakaman KH. Abdullah Munif Marzuqi pagi ini. 

Sehingga ribuan jemaah yang juga memadati jalan menuju pemakaman yang tak jauh dari Ponpes Langitan ini, sempat mengakibatkan kepadatan arus lalu lintas sekitar. 

Salah seorang peziarah yang merupakan alumni Ponpes Langitan, Nurul asal Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban mengatakan turut berduka cita atas meninggalnya Masyayikh Ponpes Langitan. 

"Sebagai santri di Langitan saya ingin ikut mengiringi kepergian kiai mbak, Alhamdulillah bisa hadir dengan ribuan santri lainnya," terangnya kepada blokTuban.com, Jumat (21/7/2023). 

Sementara dari informasi yang dihimpun blokTuban.com dari lapangan, sebelum jenazah dimakamkam sekira pukul 09.00 Wib, sholat jenazah sendiri dilakukan oleh para kiai santri, dan juga alumni dari berbagai daerah dengan beberapa gelombang. [Sav/Ali]