Pilu SDN Kedungrejo II Tuban, Bangku Kelas 1 dan 4 Kosong Tanpa Siswa

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Tiga Sekolah Dasar Tuban (SDN) di Kabupaten Tuban dipastikan tidak mendapatkan murid baru pada tahun ajaran 2023/2024. 

Sekolah tersebut terletak di tiga wilayah kecamatan berbeda, yakni Tuban Kota, Widang, dan Kerek, Senin (17/7/2023). 

SDN nol siswa baru itu adalah SDN Sukolilo II, Kecamatan Tuban, SDN Banjar Widang, Kecamatan Widang, dan SDN Kedungrejo II Kecamatan Kerek. 

Informasi dari guru SDN Kedungrejo II, ada banyak sebab sulitnya mendapatkan siswa baru tahun ini. Sekolah di kawasan Tuban barat ini sudah empat tahun kekurangan siswa. 

Dina Endrian, Guru SDN Kedungrejo II menjelaskan, adapun sebab sulitnya mendapatkan siswa baru imbas dari persaingan lembaga pendidikan di wilayahnya. 

"Jarak satu sekolah dengan sekolah lain menjadi faktor pemicu. Setiap sekolah akan rebutan murid baru," ceritanya kepada wartawan. 

Nasib pilu juga dialami oleh SDN Kedungrejo II. Sebab, hingga sekarang belum memiliki lembaga Taman Kanak-kanak (TK). Sebagai solusinya, kini sekolah bersama pihak pemerintah desa akan membuat cabang PAUD. 

"Kalau tidak dikenalkan dulu sulit membangun hubungan emosional antara sekolah dengan orang tua dan siswa," imbuh Dina. 

Saat ini, SDN Kedungrejo II memiliki 13 siswa. Lima siswa duduk di bangku kelas 6, tiga siswa kelas 5, tiga siswa kelas 3, dua siswa kelas 2, dan kelas 4 dan 1 tidak ada siswanya. [Ali]