Ada Bansos untuk Ratusan Lansia Tuban Senilai Rp870 Ribu per KPM

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Ratusan lansia di Kabupaten Tuban terdata sebagai penerima paket bansos dari Kementrian Sosial (Kemensos) RI tahun 2023. Penerima paket bansos itu lansia yang belum tercover Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Data dari Penyuluh Sosial Muda, Kemensos RI, Yasin Pramono Adi bahwa, jumlah penerima paket bansos di Tuban ada 394 lansia. Bansos tersebut diklaim bersifat insidentil. 

"Bansos di bagikan untuk Lansia di 17 kecamatan di Kabupaten Tuban," ujar Yasin. 

Menurutnya, untuk paket bantuan ini berupa sembako, nutrisi, dan alat perawatan diri atau setara nominal Rp 870 ribu per KPM.

Yasin melanjutkan, bahwa tujuan program ini agar bantuan pemerintah tidak terjadi duplikasi. Sehingga harapannya paling tidak lansia itu mendapatkan satu program dari pemerintah.

Penyaluran Bansos program Atensi ini meliputi 17 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Untuk hari pertama meliputi 7 kecamatan, meliputi Tuban, Semanding, Palang, Jenu, Merakurak, Tambakboyo dan Bancar.

"Penyaluran hari kedua, meliputi 10 kecamatan, meiputi Plumpang, Grabagan, Soko, Singgahan, Parengan, Montong, Jatirogo, Bangilan, Senori dan Kenduruan

Untuk diketahui, bantuan sosial (bansos) Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) di wilayah Kabupaten Tuban ini disalurkan oleh Sentra Margo Laras di Pati, Jawa Tengah sebagai salah satu UPT Kementerian Sosial RI. [Ali]