BPBD Tuban Catat Getaran Gempa Bantul Terasa di 10 Kecamatan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban mencatat sebagian besar wilayahnya ikut terdampak gempabumi magnitudo 6,4 di Batul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 30 Juni 2023 sekitar pukul 19.57 Wib. 

Berdasarkan data yang dihimpun oleh BPBD Tuban, terdapat 10 kecamatan yang merasakan gempa tersebut. Secara rinci sebagai berikut:

1. Merakurak 

2. Senori

3. Jatirogo

4. Parengan

5. Rengel

6. Plumpang 

7. Bangilan

8. Montong

9. Semanding 

10. Tuban

 

Sementara itu, Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma mengatakan mengapa gempa yang berpusat di Bantul kedalaman 25 Kilometer bisa terasa hingga Kabupaten Tuban karena gempa yang terjadi tektoniknya besar. Hal ini yang menjadikan penjalaran gelombangnya jauh.

"Karena gempa tektoniknya besar sehingga penjalaran gelombangnya jauh sehingga bisa dirasakan pada lokasi yang jauh termasuk Tuban," ujar Kepala BMKG Kabupaten Tuban, Zem Irianto Padma kepada blokTuban.com.

Kendati getarannya bisa dirasakan hingga Kabupaten Tuban, untuk wilayah Tuban Bumi Wali sendiri getarannya masih tergolong aman. 

Sebab, menurut BMKG Kabupaten Tuban kekuatan getaran yang dirasakan di wilayah Kabupaten Tuban hanya pada skala II-III Modified Mercally Intensity (MMI). [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS