Cegah Kekeringan, PDAM Tuban Tambah 1 Sumur

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lestari Kabupaten Tuban, menambah satu sumur baru di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban. Hal tersebut, menyusul adanya ancaman pengutan El Nino pada musim kemarau 2023 ini. 

Direktur PDAM Tirta Lestari  Kabupaten Tuban, Slamet Riyadi mengatakan untuk menghadapi penguatan fenomena El Nino, yang dapat menyebabkan kurangnya pasokan air bersih di Kabupaten Tuban, maka pihaknya mengantisipasinya dengan melakukan monitoring pemerataan tekanan air. 

Menurutnya, pemerataan tekanan air ini sendiri, sudah dilakukan oleh PDAM Tirta Lestari  Kabupaten Tuban, selama beberapa tahun ini setiap menjelang musim kemarau. 

baca juga:

 

Punya Pelanggan di 16 Kecamatan, PDAM Tuban Mampu Setor PAD Rp 7 Miliar

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Fenomena El Nino yang Berpotensi kekeringan Panjang

 

"Sebagaimana tahun-tahun yang lalu, untuk menjelang musim kemarau PDAM antisipasi monitoring pemerataan tekanan air kepada para pelanggan untuk pelayanan secara kontinu,"  paparnya kepada blokTuban.com, Jumat (16/6/2023). 

Selain itu, pria yang akrab disapa Slamet tersebut mengungkapkan jika saat ini, pihaknya juga telah melakukan pengeboran sumur di Kecamatan Grabagan, dengan target kedalaman kurang lebih 120 meter. 

Adapun pengerjaan pengeboran itu sendiri, lanjutnya, sudah mulai dikerjakan oleh petugas dari PDAM Tirta Lestari sejak satu bulan terakhir ini dan ditargetkan selesai pada bulan ini. 

"Ada pengeboran satu sumur baru di Kecamatan Grabagan," katanya. 

baca juga: 

8 Kecamatan di Kabupaten Tuban Rawan kekeringan, Warganya Diimbau Hemat Air

Lebih lanjut, pria berkacamata ini juga menambahkan, dengan adanya upaya pengeboran sumur yang dilakukan oleh PDAM Tirta Lestari Tuban, maka diharapkan pasokan air bersih untuk masyarakat semakin  tercukupi, terlebih pada musim kemarau 2023 yang diprediksi lebih kering dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Kami berharap agar  ke depannya pelanggan semakin tercukupi kebutuhan airnya," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS