Banyak Pernikahan Bulan Syawal, Seperti Rasulullah Mempersunting Sayyidah Aisyah

Oleh: Dwi Rahayu       

blokTuban.com - Pernikahan dalam pandangan umat Islam memiliki arti yaitu jalan untuk mewujudkan salah satu tujuan asasi dari syariat Islam, yaitu menjaga nasab. 

Seperti bulan Sayawal ini banyak umat Muslim yang melaksanakan pernikahan yang juga dipercaya sebagai bulan baik.

Seperti diketahui Nabi Muhammad Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam yang juga menikahi Sayyidah Aisyah pada bulan Syawal.

 Ø¹Ù† عائشة رضي الله عنها قالت تزوجني رسول الله صلى الله عليه Ùˆ سلم في شوال وبنى بي في شوال فأي نساء رسول الله صلى الله عليه Ùˆ سلم كان أحظى عنده منى قال

Artinya: "Sayyidah Aisyah Radliyallâhu Anha berkata: Rasulullah Shallallâhu ‘Alaihi Wasallam menikahiku pada bulan Syawal dan mengadakan malam pertama pada bulan Syawal. Istri Rasulullah mana yang lebih bentuntung ketimbang diriku di sisi beliau?" (HR Muslim).

Abu Zakariya Yahya bin Syaraf atau lebih dikenal Imam Nawawi dalam al-Minhaj fi Syarhi Shahih Muslim menjelaskan, Sayyidah Aisyah mengatakan itu untuk menepis keyakinan yang berkembang di masyarakat jahiliyah dan sikap mengada-ada di kalangan awam bahwa makruh menikah, menikahkan, atau berhubungan suami-istri di bulan Syawal.

Lebih lanjut, Imam Nawawi menjelaskan:

 ÙÙŠÙ‡ استحباب التزويج والتزوج والدخول في شوال وقد نص أصحابنا على استحبابه واستدلوا بهذا الحديث

Artinya: "Hadits tersebut mengandung anjuran untuk menikahkah, menikahi, dan berhubungan suami-istri pada bulan Syawal. Para ulama Syafiiyah menjadikan hadits ini sebagai dalil terkait anjuran tersebut."

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS