Ada Fenomena Gerhana Matahari, Pernikahan Malam Songo di Tuban Turun

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Pernikahan pada malam 29 Ramadan (malam songo) tahun 2023, mengalami penurunan. Hal ini diperkirakan karena dampak adanya gerhana matahari yang akan berlangsung pada Kamis (20/04/2023).

Malam Songo diyakini masyarakat sebagai hari yang baik, karena itu banyak masyarakat yang melangsungkan ibadah pernikahan di malam songo tersebut.

Menurut Kasi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Mashari, pernikahan yang diselenggarakan pada malam Songo tahun 2023 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022.

“Tahun ini pasangan yang mau menikah di malam songo menurun dibandingkan Tahun 2022,” ujar Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari kepada blokTuban.com, Minggu (16/04/2023).

Mashari Menambahkan, di Tahun Tahun 2022 lalu pernikahan malam songo ada sebanyak 391 Calon Pengantin (Catin). Sedangkan di tahun 2023 ini hanya ada 353 Catin. Ternyata penurunan tersebut, diperkirakan karena akan adanya gerhana matahari.

“Ada penurunan, mungkin karena ada gerhana itu,” imbuhnya.

Sebab beberapa masyarakat masyarakat di Kabupaten Tuban meyakini jika ada sebuah gerhana baik gerhana matahari ataupun bulan, sebaiknya jangan melangsungkan pernikahan.

Namun, tak semua catin yang melangsungkan pernikahan di malam Songo membatalkan pernikahannya. Ada sekitar 10 hingga 15 persen dari 353 Catin yang memilih memajukan hari pernikahannya, atau mengundurnya usai bulan Ramadan.

“Ada beberapa yang menghindari, dengan cara memajukan dan memundurkan hari akad nikahnya,” paparnya.

Namun, Kendati demikian tak sedikit juga yang masih tetap melaksanakan pernikahan di malam songo. Mashuri menambahkan, bahwa semua itu tergantung keyakinan setiap masyarakat, namun secara Islam hal tersebut tidak ada hubungannya sama sekali. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS