Penampilan Festival Tongklek di Tuban Hibur  Warga Kecamatan Plumpang

Reporter: Savira  Wahda Sofyana

blokTuban.com -  Penampilan dari belasan peserta  grup tongklek  dalam lomba tongklek yang diselenggarakan oleh  Karang Taruna Putra Bhakti Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban sukses menghibur masyarakat di Desa Plumpang dan sekitarnya.

Seperti halnya yang dikatakan oleh salah seorang penonton, Mifta yang mengaku terhibur dengan terselenggarakannya kegiatan tersebut.

“Lagi nunggu peserta tongklek mbak, kalau nggak salah ini sudah dua kali diadakan. Dengan ada lomba seperti ini jadi ramai dan masyarakat juga terhibur,” paparnya kepada blokTuban.com, Jumat (7/4/2023).

Bukan hanya anak-anak kecil saja yang antusias dalam menyambut penampilan grup tongklek dari berbagai daerah tersebut. Bahkan hampir semua usia turut menyaksikannya, mulai  dari anak-nnak, remaja, hingga orangtua. Sebab, bisa dibilang jika seni tongklek memang  digemari oleh semua kalangan.

pasalnya, selain suara musik yang merdu, masyarakat juga dibuat penasaran dengan atribut-atribut yang digunakan oleh para peserta. Pasalnya, setiap peserta memiliki ciri khas masing-masing dalam membawakan penampilannya tersebut, lengkap dengan kerlap-kerlip hiasan lampu.

Sementara penonton lainnya, Kiki merasa senag dengan penampilan tongklek yang dibawakan oleh semua peserta, karena suaranya yang merdu dan lagu yang dibawakan sudah banyak dihafal oleh masyarakat.

“Iya senang sekali rasanya, apalagi lagu-lagu yang dibawakan banyak yang sudah hafal, jadi sangat menikmati sekali,” katanya.

Dengan demikian, pemuda asal Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban  tersebut berharap agar di tahun-tahun selanjutnnya kegiatan  seperti ini  bisa terus diadakann.

Sekedar diketahui, pada  pertunjukan seni  tongklek, biasanya dimainkan oleh orang banyak. Dimana, masing-masing pemain  memeganng alat music yang berbeda-beda. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS