Ketahui 3 Waktu Mustajab untuk Berdoa di Bulan Ramadan Supaya Terkabul

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Berdoa bagi umat Islam adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta yakni Allah SWT. Untuk itu penting diketahui waktu-waktu yang mustajab terkabulnya doa di bulan Ramadan.

Bulan Ramadan sebagaimana diketahui merupakanbulan yang istimewa, selain satu bulan diwajibkan melaksanakan ibadah puasa penuh. Juga menjadi bulan penuh ampunan dan dikabulkannya doa-doa.

Untuk mendapat kesempatan terkabulnya doa di bulan Ramadan, ada 3 waktu yang dipercaya mustajab. Ketiga waktu ini pada waktu sahur, waktu berpuasa dan waktu berbuka puasa.

1. Waktu Sahur

Pelaksanaan sahur yang berdekatan pada waktu sepertiga malam, dianjurkan untuk memanjatkan doa-doa yang menjadi pengharapan.

baca juga:

Teks Bacaan Doa Qunut Witir di Pertengahan Puasa Ramadan

 

 Rasulullah SAW bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” [HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758].

2. Waktu Berpuasa

Seorang muslim yang menjalankan puasa memiliki kesempatan untuk dikabulkan doanya. Sebagaimana hadits Rasulullah yang menyebutkan salah satu golongan orang yang dikabulkan doanya adalam mereka yang sedang menjalankna puasa.

baca juga:

Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Jasa Penukaran Uang Baru Mulai Marak di Tuban

ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالْإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ الْغَمَامِ وَيَفْتَحُ لَهَا أَبْوَابَ السَّمَاءِ وَيَقُولُ الرَّبُّ وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

Artinya: "Tiga orang yang do'a mereka tidak tertolak, yaitu; seorang yang berpuasa hingga berbuka, seorang imam (penguasa) yang adil dan do'anya orang yang di dzalimi. Allah akan mengangkat do'anya ke atas awan, dan membukakan baginya pintu-pintu langit, seraya berfirman: "Demi kemuliaan-Ku, sungguh Aku akan menolongmu meski beberapa saat lamanya." [H.R. Imam Tirmidzi 3522]

3. Waktu Berbuka Puasa

Saat tiba watu berbuka puasa, bagi muslim yang menjalankan perintah dan menjauhi apa yang menjadi ketetapan Allah SWT mendapat kesempatan dikabulkan doanya.

Seperti sabda Rasulullah SAW berikut:

إِنَّ للصَائِم عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

Artinya: "Sungguh orang yang berpuasa mempunyai do`a yang dikabulkan dan tidak akan ditolak tatkala berbuka puasa. " [HR Ibnu Majah no. 1743]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS