BPBD Tuban Ungkap Sebab Banjir di Kenduruan yang Rendam 4 Desa

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban, pada hari Selasa (20/12) sekitar pukul 16.00 WIB, mengakibatkan 4 desa dan puluhan rumah warga terdampak banjir.

Menurut Kalaksa BPBD Tuban Sudarmaji, mengatakan bahwasanya banjir di Kecamatan Kenduruan tersebut diakibatkan karena letak lokasi yang terbilang rendah, serta di lokasi tersebut merupakan daerah yang berada di belantara sungai.

“Daerah tersebut daerah yang rendah, dibandingkan desa-desa lain yang ada di Kenduruan. Lokasinya yang berada di pinggir sungai mengakibatkan luapan air sungai langsung masuk desa,” ujar Kalaksa BPBD Tuban Sudarmaji kepada blokTuban.com, Rabu (21/12/2022).

Baca juga:

Tanggap Bencana Banjir Tuban, Tim TPPI Serahkan Bantuan ke Lokasi Pengungsian

Terdapat 34 rumah warga yang terdampak banjir di Kecamatan Kenduruan ini. Dari 34 rumah tersebut satu rumah berada di Desa Sidohasri dan satu rumah lagi berada di Desa Jamprong dan dan terbanyak berada di Desa Sidomukti dengan jumlah 32 rumah yang berdampak.

Selain ke 3 desa tersebut terdapat satu Desa lagi yaitu Desa Jlodro yang terdampak banjir, akan tetapi tidak sampai mengakibatkan masuk ke rumah warga hanya masuk ke fasilitas umum seperti jalan dan mushola.

Warga yang terkena banjir mengamankan barang berharganya di lokasi yang lebih aman. Sebagian juga mengungsi di tempat yang lebih aman seperti di rumah saudaranya yang lebih tinggi datarannya.

"Sekitar pukul 22.00 Wib banjir di Kecamatan Kenduruan sudah surut. Para warga langsung membersihkan rumah yang terkena lumpur yang dibawa oleh air banjir," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS