Peserta Karnaval di Tuban Naik Mobil Pick Up atau Tossa, Begini Kebijakan Polres

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Penggunaan mobil barang dan tossa untuk mengangkut orang sebelumnya dilarang oleh Polres Tuban karena dapat membahayakan penumpang kendaraan, dan saat ini Polres Tuban sangat gencar-gencarnya mensosialisasikan larangan tersebut. 

Kendati demikian, bagaimana jika kendaraan tersebut digunakan saat kegiatan karnaval terlebih di bulan Agustus ini sangat banyak kegiatan karnaval yang dilakukan di jalan.

Setiap tahunnya, karnaval di lingkaran masyarakat Tuban sendiri sudah menjadi tradisi. Hal ini tentunya sebuah hal positif selain sebagai ajang mengenang jasa pahlawan juga sebagai ajang kreatifitas masyarakat. 

Peserta karnaval sendiri biasanya  tak hanya jalan kaki, mereka juga ada yang membawa mobil pickup atau tosa untuk di hias dan juga dinaiki oleh salah satu atau beberapa model. Menurut Kanit Turjawalai polres Tuban, Ipda Kistelya Patayama hal ini masih diperbolehkan dengan beberapa pertimbangan.

Baca juga :

Semarak Pawai Sepeda Hias Ajang Kreatifitas di Kabupaten Tuban

- Karnaval Sepeda Hias, 800 Pelajar SD-MI Semarakkan HUT Kemerdekaan RI di Tuban

Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari

“Kalau untuk karnaval kan biasanya modelnya cuma satu dan jalannya juga pelan. Selain itu, rutenya juga biasanya sudah dikondisikan memang untuk karnaval jadi tidak apa-apa,” ucap Kanit Turajawali Ipda Kistelya Patayama kepada blokTuban.com, Sabtu (20/08/2022).

Ipda Kitel melanjutkan, jika menghadiri sebuah karnaval dengan berangkatnya naik pick up bahkan sampai desak desakan duduknya di pinggir-pinggir itu yang dilarang.  

Selain itu, Ipda Kistelya juga menghimbau agar warga Tuban yang hendak melihat karnaval tidak menaiki mobil bak terbuka karena hal tersebut sanggatlah berbahaya serta resiko terjadi kecelakaan.

"Untuk itu sebaiknya kita mengantisipasinya dengan menggunakan kendaraan yang lebih aman. Walaupun hal tersebut juga tidak bisa menjamin, tapi setidaknya dengan berikhtiar persentase kemungkinan kecelakaan bisa lebih kecil," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS