APBDes Dioptimalkan Buat Penanganan Covid dan Pendataan Keluarga Kontak Erat

Foto: Wabup Tuban, Riyadi, saat meninjau vaksinasi di Tuban

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Riyadi mengingatkan kepada Pemerintah Desa agar penyaluran alokasi minimal 8 persen dana APBDes untuk anggaran penanganan covid-19 bisa dioptimalkan.

“Dana tersebut harus dialokasikan secara maksimal,” ucap Riyadi dalam peninjauan vaksinasi di beberapa titik di Kabupaten Tuban.

Selain mengingatkan Pemdes, mantan Kades Maibit juga meminta masyarakat untuk tidak terpengaruh provokasi mengenai vaksin yang berbahaya hingga vaksinasi yang tidak merata.

Pemkab Tuban akan terus berupaya menambah pasokan vaksin hingga nantinya bisa merata di seluruh desa di kabupaten Tuban. Diakui Riyadi bahwa vaksinasi dilakukan bertahap karena jumlah alokasinya terbatas, tetapi setiap vaksin datang langsung kita distribusikan.

Berita Selanjutnya: Riyadi Minta 8 Persen APBDes Dioptimalkan untuk Tangani Covid-19

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon mengajak masyarakat di mana pun berada untuk segera mengikuti vaksinasi pada setiap kesempatan yang tersedia. Ia pun menjelaskan tentang warga yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) atau terkonfirm Covid-19.

“Tracingnya kita lacak, dimana ada kematian kita lacak," kata Viliala Romadhon.

Covid-19 Desa nanti akan masuk vaksinasi secara door to door (dari rumah ke rumah) dan telah dilakukan oleh para Tim Tracer (Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Bidan Desa) setempat, tapi kita butuh waktu satu sampai dua hari terutama di dalam melakukan pendataan keluarga yang kontak erat Covid-19 kemudian menyusul perawatan(treatment) terhadapnya,” terang Viliala Romadhon, Minggu (15/8/2021).

Berita Sebelumnya: Pendataan Keluarga Kontak Erat Butuh Waktu Dua Hari