PPKM Diperpanjang Lagi, Mahasiswa Kader IMM Demo Pemkab Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Puluhan mahasiswa kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Tuban melakukan unjuk rasa di depan Kantor Pemkab setempat, Kamis (12/8/2021). Mereka mengkritik kebijakan PPKM di tengah situasi pademi Covid-19.

Ketua PC IMM Kabupaten Tuban, Sa’dullah Basori mengatakan demo kali ini meminta Pemerintah untuk mengkaji ulang kebijakan PPKM karena tidak sesuai dengan norma kemanusiaan. Banyak kerugian yang terjadi baik sisi ekonomi dan pendidikan.

“Kami juga mendesak Pemerintah untuk membentuk kekebalan kelompok (Herd Imunity) melalui vaksinasi,” ujar Basori kepada blokTuban,com usai mediasi dengan Pemkab di ruang rapat Setda lantai II.

Disaat banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial, kader IMM juga mendesak Pemkab segera menyalurkan bansos secara merata dan tepat sasaran khususnya kepada Pedagang Kaki Lima (PKL). Sekaligus pelonggaran-pelonggaran kebijakan.

“Kebijakan pemadaman lampu juga harus dievaluasi, karena menurut kami tidak ada korelasinya untuk menekan laju penyebaran corona. Justru dapat memicu angka kecelakaan dan kekerasan meningkat,” imbuhnya.

Beberapa tuntutan kader IMM sudah ditampung oleh Pemkab, dan akan ditunggu sampai sebulan ke depan. Apabila belum juga ada perubahan, maka IMM akan melakukan unjuk rasa lanjutan.

Menyikapi tuntutan mahasiswa kader IMM, Sunarto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tuban bahwa kebijakan PPKM merupakan intruksi pusat. Untuk di Kabupaten Tuban sudah level 3 dan saat ini sudah ada kelonggaran-kelonggaran dibanding level 4 sebelumnya.

“Dulu saat level 4 jam malam pukul 20.00 Wib, tapi saat ini sudah dilonggarkan hingga pukul 21.00 Wib,” sambung Sunarto dikonfirmasi terpisah.

Di samping vaksinasi Covid-19 yang terus berjalan, Pemkab juga menggenjot upaya 3T. Hal ini untuk menekan laju Corona di Kabupaten Tuban. Sedangkan kebijakan pemadaman lampu akan tetap diberlakukan, untuk membatasi aktifitas masyarakat di malam hari.

Selain asisten, beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga ikut menemui mahasiswa. Audiensi selesai sekitar pukul 12.03 Wib dan dikawal ketat oleh petuga Polres Tuban dan Satpol PP. [ali/mu]