Dampak Pandemi, Perpusda Tuban Tak Layani Baca Buku di Tempat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dampak pandemi Covid-19 membuat Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Kabupaten Tuban sementara ini tidak menerima layanan baca buku di tempat bagi pengunjung.

Pemberlakuan itu diterapkan oleh Perpusda Kabupaten Tuban sejak bulan Oktober 2020 lalu.

Kendati tidak menerima layanan baca ditempat, Perpusda Kabupaten Tuban tetap memberikan layanan peminjaman buku secara online, baik melalui aplikasi Tuban Digital Library (Tulib) maupun Whatsapp.

"Mulai Oktober kemarin kami belum menerima baca di tempat, tetapi para pengunjung antusias untuk meminjam buku secara online (Tulib dan WA)," terang  Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban, Susi Sulastri.

Susi menjelaskan, selama tidak menerima layanan baca buku ditempat, beberapa pengunjung juga datang untuk meminjam buku. Selain meminjam, mereka juga banyak yang mengembalikan buku.

Tercatat, dalam sehari peminjam buku di Perpusda ada sekitar 15-20 orang. Bahkan terkadang juga tidak ada sama sekali.

"Peminjam buku tidak pasti, terkadang sehari bisa sampai 15-20 peminjam. Tetapi terkadang juga tidak ada sama sekali," imbuhya.

Sekadar diketahui, untuk meminjam buku pengunjung harus sudah menjadi anggota, kalau belum menjadi anggota pengunjung harus mendaftar dulu. [hud/mu]