Tuban Tercepat Cairkan DD dan ADD Tahap I di Indonesia

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Di setiap safari ramadan tahun 2021, Bupati Tuban, Fathul Huda tak lupa menyampaikan prestasi kabupaten di kancah nasional. 

Prestasi yangg dimaksud yakni Tuban menjadi Kabupaten satu-satunya atau tercepat di Indonesia yang cair Dana Desa (DD) tahap I pada Februari dan Maret 2021 dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Januari-Maret 2021, Rabu (21/4/2021).

SILAP Aparatur Desa Kabupaten Tuban termasuk tertinggi kawasan regional. Kabupaten Tuban juga merupakan kabupaten pertama se-Jawa Timur yang sudah melaksanakan pengalihan jaminan sosial kesehatan Kepala Desa dan Perangkat Desa yang sebelumnya mandiri, dialihkan kepesertaannya ke Pemkab Tuban.

"Capaian ini harus dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan di masa mendatang," tegas Bupati saat safari di Kecamatan Senori waktu lalu.

Bupati dua periode juga menyinggung Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kecamatan Senori pada Tahun 2020 yang mencapai 86,98 memperoleh predikat SANGAT BAIK.

Pelayanan masyarakat yang optimal, hendaknya ditunjang dengan kinerja tata kelola Pemerintahan Kecamatan dan Desa yang terus ditingkatkan. Salah satunya, pencairan Dana Desa (DD) di Kecamatan Senori menjadi yang tercepat dibandingkan Kecamatan lain di Kabupaten Tuban.

"Pencairan DD di Kecamatan Senori harus menjadi percontohan bagi desa-desa lain di Kabupaten Tuban," harapnya.

Pencairan DD yang lebih awal akan meningkatkan kesejahteraan perangkat desa, kian memotivasi perangkat desa dalam memberikan pelayanan masyarakat secara maksimal.

Camat Senori, Suwasis menambahkan IKM di Kecamatan Senori mencapai 84,18 pada tahun 2019 dan mengalami kenaikan pada tahun 2020 tahun menjadi 86,98.

"Peningkatan pelayanan masyarakat di Kecamatan Senori, diantaranya telah diterapkan tanda tangan elektronik untuk sejumlah administrasi," pungkasnya. [ali/ono]