KABAR COVID: Kasus Terus Bertambah, Vaksin dan 3M Harus Dilakukan

Editor: Edy Purnomo

blokTuban.com - Hari ini pukul 18.00 Wib ada tambahan 56 kasus baru positif Covid-19, sehingga total terkonfirmasi positif di Kabupaten Tuban menjadi 1.079 kasus, Sabtu (12/12/2020).

Seluruh masyarakat diminta untuk terus disiplin terhadap protokol kesehatan 3 M yaitu, memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak aman atau menghindari kerumunan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo tak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk tidak abai terhadap protokol kesehatan corona. Meskipun vaksin sudah ada, ketika keluar rumah wajib membiasakan diri melindungi dengan masker.

BACA SELENGKAPNYA: Ada 56 Kasus Baru, Jumlah Terkonfirmasi Positif Covid-19 jadi 1.079 Kasus

Kedatangan vaksin COVID-19 pada Minggu (6/12) lalu menjadi kabar baik bagi upaya pencegahan pandemi COVID-19. Setelah datangnya vaksin COVID-19, pemerintah masih menunggu hasil evaluasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM) untuk melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat. 

Namun setelah nantinya pelaksanaan vaksinasi berjalan, masyarakat harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan

3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), karena dengan cara itulah Indonesia bisa cepat keluar dari pandemi COVID-19.

Dr. Ede Surya Darmawan SKM., MDM, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia membenarkan bahwa vaksin itu adalah upaya protektif terhadap penyakit spesifik. Menurutnya, beberapa virus dan bakteri di Indonesia memang sudah lama dilawan dengan imunisasi. 

"Di Indonesia kita mengenal program imunisasi, kemudian beberapa penyakit yang bisa dicegah melalui imunisasi bisa tereleminasi. Vaksin COVID-19 ini juga diharapkan memiliki peran seperti itu nantinya," ujar Ede.

BACA SELENGKAPNYA: Vaksin dan 3M Harus Dijalankan Berdampingan Untuk Proteksi Diri