Jelang Pilkada, Kapolres Tuban Tinjau Kesiapan Personel

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono bersama Wakapolres Tuban, Kompol Andi Yudha Pranata dan jajaran PJU Polres Tuban meninjau kesiapan personel pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di masing-masing Polsek, Jumat (4/12/2020).

Kali ini, peninjauan tersebut dilakukan Kapolres Tuban bersama Wakapolres serta jajaran JPU di Mapolsek Tuban Kota dan Palang. 

Kegiatan peninjauan tersebut dalam rangka menindaklanjuti arahan dari Irwasda Polda Jatim Kombespol Drs. Sungkono saat monitoring dan asistensi Kesiapan Polres Tuban dalam pengamanan pilkada 2020 di Kabupaten Tuban di masa pandemi Covid-19, Kamis sore (3/12/2020) kemarin.

"Kita bergerak cepat dengan melakukan pengecekan kesiapan anggota dalam pengamanan pemungutan suara ke Mapolsek dan jajaran," terang Kapolres Tuban.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu mantan Kapolres Madiun itu juga melakukan pengecekan sprint anggota pengamanan pemungutan suara serta memastikan bahwa anggotanya tahu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mana akan bertugas.

"Kita Pastikan bahwa semua anggota tahu di TPS mana akan bertugas. Jadi sebelum pelaksanaan pengamanan pada hari H anggota bisa berorientasi di TPSnya terlebih dahulu" jelas AKBP Ruruh.

Kapolres juga mengingatkan, kepada anggotanya untuk tetap menjaga netralitas dan Protokol Kesehatan (Prokes). "Walaupun mungkin ada yang punya ikatan emosial dengan salah satu Paslon, tetap jaga netralitas dan yang tak kalah pentingnya tetap patuhi Prokes," tukasnya.

Sekadar diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pelaksanaan Pilkada serentak Kabupaten Tuban tahun 2020 ada sebanyak 942.519 pemilih dengan jumlah 2.237 TPS yang tersebar di 20 kecamatan se Kabupaten Tuban.[hud/col]