Hilal 1 Syawal Tak Tampak, Puasa Genap 30 Hari

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor kemenag Tuban menggelar rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 1441 H /2020 Masehi, Jum'at (22/5/2020) sore di menara pantau Desa Banyuurip, Senori, Tuban. Hasilnya, hilal belum terlihat karena ketinggian min 3° di bawah ufuk.

"Sehingga, Ibadah puasa Ramadan di genapkan 30 hari, hingga besok (Sabtu,red)," terang Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid di lokasi.

Data yang dihimpun blokTuban.com dari Tim BHR, hasil hisab perhitungan tingkat akurasi rendah (Haqiqi Taqribi ), tingkat akurasi sedang (Haqiqi Tahqiqi), akurasi tinggi (Haqiqi Tadaiqi) dan perhitungan teori astronomi Kontemporer di Menara Rukyat Desa Banyuurip, matahari terbenam pukul 17:25:16. Posisi lintang 07°03'35.25 LS Bujur 111°42'17.37" BT Tinggi 260m dpl dengan posisi dan keadaan hilal di selatan matahari.

"Umur hilal dari Ijtima' sunset belum terlihat karena terbenam 12 menit lebih awal dari terbenamnya dari matahari," terangnya.

Sahid menambahkan, masyarakat tetap menunggu keputusan pemerintah melalui kementerian agama RI akan menggelar rapat hasil sidang isbat pada Jumat malam ini. Pihaknya juga meminta masyarakat dalam melaksanakan Idul Fitri tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Semua itu sebagai upaya memutus mata rantai pandemi covid-19 di Kabupaten Tuban," pungkasnya. [rof/ito]