07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   17:00 . Puskemas Targetkan Vaksinasi AstraZeneca di Kecamatan Soko 70%   |   16:00 . Teken MoU Dengan Sejumlah Instansi, Bupati Resmikan Operasi MPP Tuban   |   15:00 . Ratusan Warga Desa Rahayu Divaksin Astra Zenica   |   14:00 . Cukup 1 Jam Bikin Hidupmu Adaptif dan Produktif   |   13:00 . Pertamina Terminal LPG Bantu Ambulance dan Bangun Masjid di Jenu   |   12:00 . Pembantu Pasien Covid-19 Varian India Pulang ke-Singgahan Dalam Keadaan Sakit   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   19:00 . Warga Bersama TNI Koramil Bangilan Kerja Bakti Perbaiki Saluran Air   |   18:00 . Meski Pandemi, Antusias Perajin Uleg-Uleg di Kendalrejo Tetap Tinggi   |   15:00 . Google News Initiative - AMSI Berikan Pelatihan untuk Media Siber Skala Kecil dan Menengah   |   14:00 . Terjaring Operasi Balap Liar, Seorang Ibu Marahi Anaknya di Kantor Polisi   |   13:00 . Motor Balap Liar Dibongkar di Polres, Harus Keadaan Standar Baru Boleh Keluar   |   09:00 . Jelang Peringatan HANI 2021, BNNK Tuban Canangkan Desa Socorejo Sebagai Desa Bersinar   |   07:00 . Waspada Kecanduan Gadget, 40 Persen Anak Habiskan 30 Jam Main HP dalam Seminggu   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bisnis Untung, BUMDes Maju Mandiri Sejahtera Bagi Sembako ke 1.200 Warga

bloktuban.com | Thursday, 02 January 2020 12:00

Bisnis Untung, BUMDes Maju Mandiri Sejahtera Bagi Sembako ke 1.200 Warga

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Sejahtera Socorejo, Kecamatan Jenu terus berjalan dan menghasilkan keuntungan.

 

Seiring dengan itu, pengurus BUMDes rutin mengeluarkan Corporate Social Responsibility (CSR) nya sebagai bentuk tanggung jawab sosial. 

 

Awal tahun 2020, sebanyak 1.200 warga masyarakat setempat menikmati keberadaan badan usaha desa. Sembako ini berasal dari keuntungan usaha, dan dikeluarkan setahun dua kali. 

 

"Secara simbolis paket Sembako dari BUMDes diserahkan kepada warga di kantor Desa Socorejo," kata Direktur BUMDes, Rohmat Hidayat, Kamis (2/1/2020). 

 

Dalam penyerahan tersebut, turut hadir Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim, Camat Jenu, M. Maftuchin Riza, Bhabinsa, dan Bhabinkamtibmas setempat. 

 

"Alhamdulillah siang ini bisa mengikuti giat penyerahan simbolis sembako Dari BUMDesa Socorejo Untuk 1200 warga masyarakat," sambung Kades Kang Arief. 

 

Alumnus UIN Yogyakarta ini berharap, sembako ini bermanfaat bagi masyarakat dan semoga Bumdesa Socorejo semakin maju mandiri dan sejahtera sesuai namanya. 

 

Kades muda yang membawa desanya meraih juara terbaik 1 nasional BPJS Ketenagakerjaan ini, menambahkan BUMDes Maju Mandiri Sejahtera berdiri tahun 2017. Adanya badan usaha inilah, semua warga dan desa menerima manfaat. 

 

Pemdes Socorejo melalui program pemberdayaan BUMDes dan pemuda, selama ini getol berupaya mengurangi pengangguran di usia produktif.

 

Langkah kongkritnya bekerjasama dengan PT Semen Indonesia dalam rangka perawatan rambu rambu laut. Secara teknis dikerjakan oleh BUMDes dengan tenaga ahli asli pemuda Socorejo.

 

Sedangkan core bussiness BUMDes bergerak di bidang jasa pelayanan dan konstruksi. Menjalin kerja sama dengan PT SG, salah satunya supply air bersih ke kapal dan penghijauan area pelabuhan.

 

Selain jasa pelayanan dan konstruksi, BUMDes juga menjadi agen resmi BNI 46. Tugasnya menyalurkan bantuan PKH dan program BPNT kepada masyarakat.

 

Camat Jenu, Maftuchin Riza mengaku bangga dengan keseriusan pengurus BUMDes dan Pemdes Socorejo menjalankan bisnis yang berorientasi menyejahterakan masyarakat. 

 

"Semoga BUMDes di 16 desa lain di Kecamatan Jenu mengikuti jejak Socorejo," terang mantan Camat Bangilan. 

 

Ketelatenan BUMDes Socorejo dalam menggerakkan roda ekonomi desa juga seiring harapan Presiden RI, Joko Widodo. Dalam rapat terbatas di Istana Jakarta, Rabu (11/12/2019), Jokowi mengatakan ada 2.188 BUMDes yang mangkrak alias tidak beroperasi. 

 

Ada juga 1.670 BUMDes yang berjalan tapi belum berkontribusi untuk ekonomi desa. Padahal Pemerintah Pusat nyaris mengeluarkan Dana Desa Rp330 triliun dalam lima tahun terakhir. [ali/ono]

 

Tag : bumdes, socorejo, jenu, tuban

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more