Pemkab Keluarkan 63,4 Juta Untuk Anggrek dan Pohon Tanduk Rusa

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Tuban menambahkan tanaman gantung di ruas jalan perkotaan Tuban.

Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan, Dinas PRKP Tuban, Sumarno, mengatakan tanaman yang dipasang berjenis anggrek dan pohon tanduk rusa. Jumlah totalnya 540 tanaman yang dipasang di 110 pohon di sebagian ruas jalan Basuki Rahmat.

"Sebagai uji coba (dipasang) 110 pohon dulu, dimulai dari gedung budaya loka ke arah barat," ungkap Sumarno, Selasa, (24/12/2019).

Ia menambahkan, apabila animo masyarakat Tuban sangat besar. Dinas akan menambahkan tanaman gantung lagi di sepanjang Jalan Basuki Rahmat.

"lihat animo masyarat. Masih dijahili atau dicuri tidak? Kalau masyarakat Tuban antusias dan senang tentu akan dilanjutkan,"ungkapnya. 

Disingung mengenai anggaran, dia menjelaskan dana bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 sebesar Rp 63.400.000 ribu. 

"Anggaran dari APBD tahun ini," ujarnya. 

Ia berharap, dengan adanya tanaman gantung ini semakin membuat Tuban lebih indah dan asri saat dipandang. Juga sebagai nilai tambah kabupaten yang telah berhasil menyabet gelar anugrah  Adi Pura sebanyak 7 kali.

"Untuk mempercantik Kota Tuban agar terlihat indah,"tandasnya.[nid/dy]