22:00 . Amsi Kembali Gelar Indonesian Digital Conference 2020.   |   18:00 . Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 0811 Gelar Donor Darah   |   17:00 . Panyuran Diterjang Banjir, Warga Pasang Sak Pasir Halau Air   |   16:00 . Jelang Pilkada, Kapolres Tuban Tinjau Kesiapan Personel   |   15:00 . BPS Deklarasikan Zona Integritas WBK   |   10:00 . Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang   |   09:00 . Erupsi Semeru, Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   08:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   07:00 . Hindari, 14 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Menghambat Karier   |   18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |   17:00 . Kunker di Tuban, Kajati Jatim Beri Pengarahan Seluruh Pegawai Kejari Tuban   |   16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |  
Sat, 05 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 29 September 2019 11:00

Kemenag Tuban Gelar Pembinaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah

Kemenag Tuban Gelar  Pembinaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah

Reporter: Nidya Marfis Mb

blokTuban.com - Menyikapi Animo masyarakat mengenai keinginan umroh yang sangat tinggi setiap tahunnya di Kabupaten Tuban,  Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tuban melaksanakan kegiatan Pembinaan  Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di aula Kementrian Agama (Kemenag)  Tuban.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 60 peserta terdiri dari biro travel, pengurus  Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIHP) ranata Humas dan semua staf seksi Penyelenggara Haji dan Umrah. 

 Kasubag TU, Achmad Badrus Sholeh mengatakan,  selama dua tahun terakhir jumlah jemaah umrah mengalami peningkatan yang signifikan. Sepanjang tahun 2017 sampai tahun 2019 tercatat ada sekitar 3700 pemohon rekomendasi di seksi PHU Kemenag Tuban.

"Sehingga kalau rata-rata per hari ada sekitar 10 orang pemohon rekomendasi untuk melaksanakan ibadah umrah," ujar Achmad. Sabtu, (28/9/2019)

Sementara itu Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh  Kemenag Tuban, Umi Kulsum menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang regulasi ibadah umroh kepada penyelenggara perjalanan ibadah umroh di Tuban. 

Selain itu, juga memberikan pembinaan pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya kepada jemaah sehingga  dapat menunaikan ibadah umrahnya sesuai ketentuan syariat Islam. 

"Alhamdulillah acara ini  perdana di adakan di kabupaten Tuban," ungkap Umi.

Dalam kegiatan ini turun serta menghadirkan Narasumber dari Kasi Pembinaan Haji dan Umrah bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur (Jatim)  Machsun menjelaskan, pentingnya peran biro perjalanan penyelenggara perjalanan ibadah Umrah memjadi sangat penting bagi pelaksanaan ibadah umrah itu sendiri. 

Lebih lanjut, di Jatim ada sekitar 95 biro perjalanan umrah yang sudah berizin. Masyarakat tentu mengharapkan pelayanan yang memuaskan, melalui kegiatan ini diharapkan memberikan langkah-langkah yang strategis dalam pelaksanaan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah.

 "Sehingga dapat diimplementasikan secara efektif dan efisien", tutur pria berpenampilan kalem ini.

Ia menambahkan, dengan demikian diharapkan adanya sinergi antara pemerintah dengan biro PPIU dan stakeholder lainnya untuk membentu dalam proses yang berkaitan dengan pelaksanaan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah.

 Membantu dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan umrah seperti transportasi serta akomodasi demi kelancaran pelaksanaan umrah. Memberikan pembinaan, pelayanan dan perlinndungan yang sebaik-baiknya bagi calon jamaah umrah dan haji, sehingga dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan apa yang diharapkan dan sesuai ketentuan ajaran Islam. 

Sesuai PMA no 8 tahun 2018 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah, mulai tugas dan fungsi Kemenag dalam kebijakan umroh, perizinan, proses pendaftaran, pelaporan, biaya penyelenggaraan ibadah umroh yang per April 2018 referensi biaya ditetapkan sebesar Rp20 juta.

"Penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang dilakukan tanpa izin adalah ilegal dan salah satu bentuk pidana," tandasnya. [nid/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Kemenag, umroh



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more