Habis Masak, Rumah Kuli Bangunan Dilahap Jago Merah

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah rumah milik kuli bangunan di Dusun Krajan, Desa Gesing RT.03/RW.03 Kecamatan Semanding, pagi ini terbakar.

Kebakaran diperkirakan terjadi pukul 09.00 WIB, dan Pos damkar Tuban menerima laporan pukul 09.20 WIB.

Pemilik rumah, Lumaji (43) saat kebakaran terjadi sedang keluar rumah. Dia keluar setelah aktivitas memasak menggunakan tungku. Tanpa diduga bara tungku masih mengepulkan asap.

"Bagian dapur habis terbakar," katanya di lokasi, Kamis (26/9/2019).

Ukuran dapur milik kuli bangunan yang dilahap si jago merah sekitar 4x5 meter. Total keseluruhan habis dan tidak dapat ditempati, namun rumah berhasil diminimalisir dan masih dapat ditempati oleh satu Kepala Keluarga (KK) terdiri empat orang.

Terpisah, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Emil Pancoro menjelaskan, setelah ada laporan tim Damkar segera meluncur dan api dapat dipadamkan pukul 10.10 WIB. Adapun armada yang dikerahkan sebanyak dua unit. Setibanya di lokasi tim melakukan pembasahan dan memastikan api tidak menyala kembali.

"Insiden ini tidak ada korban jiwa dan beruntung pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada di luar rumah," tegas Emil.

Pengamatan tim di lokasi, diduga penyebab kebakaran dari dapur yang kebetulan habis memasak dengan tungku. Taksir kerugian semantara Rp.15.000.000.

Beberapa pihak yang terlibat BPBD Tuban, Polsek Semanding, Koramil Semanding, masyarakat, perangkat desa, dan perangkat kecamatan setempat. [ali/rom]