Semua Pekerjaan di Kilang Minyak Diminta Nol Kecelakaan Kerja

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - PT Pertamina tercatat sudah dua tahap meningkatkan kapasitas warga di Kabupaten Tuban, untuk terlibat di proyek kilang minyak di Kecamatan Jenu. Selaras dengan itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein menekankan satu hal untuk perusahaan plat merah ini.

“Saya minta semua pekerjaan yang dilaksanakan di kilang minyak ini juga zero accident atau nol kecelakaan kerja,” pinta Noor Nahar saat membuka Program Pelatihan Tahap II berupa Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pertamina di Aula UPT Balai Latihan Kerja Tuban.

Tuban sendiri tercatat telah empat kali menerima penghargaan tentang zero accident di K3. Hal ini diraih karena perusahaan sadar akan perlunya keselamatan, dan kesehatan kerja bagi karyawan. Terutama perusahaan yang memiliki resiko pekerjaan yang tinggi.

Kilang minyak di Jenu merupakan proyek strategis nasional yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemkab ingin adanya proyek kilang dapat menaikan taraf hidup masyarakat sekitar.

Lebih dari itu, Wabup juga berharap semua pekerjaan yang dapat dilakukan oleh warga sekitar dapat dikerjakan oleh warga lokal Tuban. Guna mempermudah sosialisasi, pembebasan lahan dan lain sebagainya.

VP Project HSSE Sahadi menyampaikan, pelatihan tahap kedua ini direncanakan terdiri dari pelatihan K3 dimana di dalam pelatihan ini juga akan disampaikan materi khusus mengenai budaya Health, Safety and the Environment (HSE) di Pertamina.

"Kebijakan peraturan keselamatan kerja dan kesehatan kerja di Pertamina, dasar-dasar keselamatan dan kesehatan kerja, bahaya-bahaya di tempat kerja, serta pengamatan keselamatan  kerja (PEKA) atau cara pengisian PEKA," tandasnya. [ali/rom]