Petengahan Tahun, Angka Kekerasan Perempuan dan Anak Menurun

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Berdasarkan data dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan PPPA)  Kabupaten Tuban. Mulai awal tahun samapai pertengan tahun 2019, jumlah kekerasan terhadap perempuan dan anak mengalami penurunan. 

Kepala Bidang (Kabid) PPPA,  Dinsos PPPA, Anfujatin mengatakan, semester pertama angka kekerasan terhadap perempuan dan anak pada bulan Januari samapi bulan Juni 2019 mengalami penurunan.

"Alhamdulillah, hingga pertengahan tahun angkanya masih di bawah 50," ungkap Anfujatin.

Selasa, (6/8/2019) Berdasarkan data jumlah kekerasan terhadap perempuan mulai bulan Januari samapi Juni berjumlah, 14 orang.  Sedangkan jumlah kekerasan terhadap anak mulai bulan Januari samapi Juni berjumlah 8 orang. 

Ia menambahkan,  menurunnya angka kekerasan tak lepas dari kerja keras semua pihak yang ikut membantu, terutama peran satgas kekerasan yang baru ada di enam desa,  yaitu Desa Nambangan; Kecamatan Semanding, Desa Ngino; Kecamatan Semanding, Desa Leran Kulon; Palang, Desa Peliwetan; Palang, Desa Dasin; Kecamatan Tambakboyo dan Desa Sugiwaras; Jenu. Yang selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Bertahap, ke depannya semua desa pasti akan mengikuti pelatihan Satgas kekerasan," ungkapnya. 

Ia berharap, dengan adanya angka penurunan ini, sesui dengan realita yang ada dilapangan. Dan masyarakat diharapkan untuk semakin peka apabila dilingkungannya ada yang mengalami  kekerasan atau pun yang mengalami kekerasan untuk segera melaporkan.

"Diharapkan masyarakat untuk peka dan segera melaporkan ke desa atau ke kami," tandasnya.  [nid/col]