RSUD Jatirogo Diberi Nama R. Ali Mansyur, Siapa Dia?

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski belum resmi dilaunching, namun pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Jatirogo Kabupaten Tuban telah rampung dikerjakan.

Bahkan, rumah sakit yang bakal melayani pasien di daerah Tuban Selatan dan daerah perbatasan itu telah diberi nama oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Pemkab Tuban memberi nama Rumah Sakit  itu R. Ali Mansyur. Lalu siapa R. Ali Manshur itu?

Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Hussein menyampaikan, Pemkab Tuban telah memberi nama RSUD Tipe D Jatirogo itu dengan nama R. Ali Manshur, nama itu merupakan nama yang tepat untuk RSUD kedua di Bumi Wali.

Pasalnya, nama R. Ali Manshur diambil dari nama KH. Ali Manshur yang merupakan sosok putra daerah asal Kabupaten Tuban yang mempunyai jasa besar dalam pengembangan karakter spiritual di Kabupaten Tuban bahkan di Indonesia.

KH. Ali Manshur sendiri merupakan tokoh pengembangan karakter spiritual asal Desa Maibit, Kecamatan Rengel Tuban. Beliau juga sekaligus pengarang Salawat Badar, yang mana hampir seluruh warga Nahdliyin di Indonesia menghafal salawat tersebut.

"Nama R. Ali Manshur diambil dari nama tokoh pengembangan karakter spiritual di Indonesia asal Desa Maibit, Kecamatan Rengel dan merupakan pengarang Salawat Badar," terang Wabup Tuban dua periode tersebut, Kamis (4/4/2019).

Selanjutnya, Wabup menambahkan, sampai saat ini pembangunan fisik RSUD Jatirogo sudah rampung semuanya, tinggal menunggu pengisian Sumber Daya Manusia (SDM) yang masih dikonsultasikan.

Diketahui, rencana pembangunan Rumah Sakit tipe D tersebut sudah direncanakan sejak awal Pemerintahan Bupati Tuban, Fathul Huda saat menjabat. Tepatnya pada tahun 2011. Namun mulai direalisasikan seputaran tahun 2017.[hud/rom]