16:00 . GEGER! Pemuda Ronggomulyo Ditemukan Gantung Diri   |   15:00 . Viral...!!! Gara-gara Bocil, Truk Hantam Rumah   |   14:00 . Fakta-Fakta Korban Gantung Diri di Kamar Mandi, Sempat Minta Maaf Kepada Keluarga dan Kerabat   |   13:00 . Pantai Boom akan Jadi Ikon Pariwisata Kemaritiman Indonesia   |   12:00 . Pemkab akan Dukung Mesin Packing untuk Minuman Legen   |   11:00 . Begini Proses Evakuasi Korban Gantung diri Dari Gang Sempit   |   10:00 . Geger Warga Kelurahan Ronggomulyo Ditemukan Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi   |   09:00 . Pendekar IKSPI Bersama TNI dan TAGANA Tanam Akar Wangi   |   08:00 . Terpilih Jadi Ketua DPC PKB Tuban, Miyadi Gaungkan 3 Tugas Pokok   |   07:00 . Rambut Rontok Secara Tiba-tiba, Waspada Penyakit Autoimun Alopecia Areata   |   14:00 . Ini Identitas Pemancing yang Perahunya Terbalik di Laut Tuban   |   13:00 . Muhaimin Iskandar: Muscab Sarana Menuju Penguatan Partai untuk Kemenangan Pemilu 2024   |   12:00 . Ini Identitas Pemancing asal Surabaya dan Gresik yang Perahunya Terbalik di Laut Tuban   |   11:00 . Perahu Nelayan Tuban Membawa Enam Pemancing asal Surabaya dan Gresik Terbalik   |   10:00 . Akhir Pekan, Pantai Cemara Ramai Pengunjung   |  
Tue, 09 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pejabat Struktural Paling Bawah di Pemkab Harus Lahirkan Inovasi

bloktuban.com | Tuesday, 11 December 2018 11:00

Pejabat Struktural Paling Bawah di Pemkab Harus Lahirkan Inovasi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melaunching dan monitoring Inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka tahapan Deliver Laboratorium Inovasi Kabupaten di ruang rapat lantai 1 sekretariat daerah pemerintahan setempat, Senin (10/12/2018).

Launching yang dihadiri oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tubancbeserta  seluruh Camat Se-Kabupaten Tuban tersebut merupakan upaya untuk memastikan daftar rencana aksi inovasi, yang telah dihasilkan oleh OPD di lingkungan Pemkab Tuban.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana menyampaikan bahwa setiap hasil inovasi dari pendampingan Lembaga Administrasi Negara (LAN) tersebut harus dilaksanakan secara bersama-sama dalam rangka penguatan inovasi daerah.

Menurutnya, proses Laboratorium Inovasi Kabupaten Tuban yang dimulai dengan adanya penandatanganan MoU antara LAN dengan Pemkab Tuban serta penyampaian materi tersebut telah teridentifikasi sebanyak 118 ide atau gagasan inovasi yang dilahirkan dari sebanyak 53 OPD.

“Nantinya tidak hanya 118 inovasi saja, karena sampai pada pejabat strukural paling bawah harus memberikan inovasinya,” terang Sekda Kabupaten Tuban.

Dijelaskan oleh Sekda, setiap inovasi yang dihasilkan oleh OPD harus ada prioritas dalam (RPJM) yang diterjemahkan menjadi indikator kinerja daerah yang akan dikembangkan menjadi inovasi-inovasi baru. Diharapkan nanti tindak lanjut Perbup inovasi bisa dijadikan satu inovasi tahun 2018 yang diterbitkan di 2019.

Ditambahkannya, inovasi merupakan hal yang dinamis, maka dalam satu tahun atau enam bulan akan diadakan evaluasi dan ketika ada tambahan inovasi baru maka Perbup dapat disesuaikan. “Kita bisa melihat daerah atau negara yang begitu maju dengan berbagai inovasi dan ini bisa ditiru untuk peningkatan kinerja pelayanan masyarakat,” jelas Sekda.

Sementara dalam sambutan Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik LAN, Sudardi menjelaskan bahwa dalam perjalanannya antusiasme inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Tuban cukup besar, hal itu ditandai dengan bertambah banyaknya ide dan inovasi di seluruh OPD di Kabupaten Tuban.

Menurutnya, launching ini mengawali tahapan laboratorium inovasi dan deliver yang merupakan proses pelaksanaan dan implementasi rencana aksi inovasi. "Jadi sebagai tindak lanjut launching ini, tim kami akan melihat apakah rencana aksi itu nantinya bisa dijalankan atau belum," tutur Sudardi.

Sudardi menambahkan, untuk sementara ini akan dicari kendala-kendala yang dialami oleh masing-masing OPD, jika rencana aksi tersebut belum terlaksana maka akan bersama-sama mendampingi OPD terkait untuk mengatasi masalah tersebut.

"Dari tindak lanjut launching ini, yang pertama akan dilakukan adalah aktualisasi rencana aksi, yang harus dapat dijalankan dan diimplementasikan. OPD sebagai pelaku inovasi telah meyusun rencana aksi dan jika tidak terdapat kendala maka harus segera dijalankan,” paparnya.

Diketahui, pada kesempatan itu dilaksanakan penandatanganan kontrak kinerja pelaksanaan inovasi daerah dengan beberapa OPD yang ditunjuk, yaitu RSUD Dr. Koesma, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, serta Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman yang akan dipantau perkembangan inovasinya dengan memberikan laporan selama tiga bulan.[hud]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : opd, pemkab, pejabat



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more