Proyek Drainase, Wabup Temukan Adanya Keterlambatan Pembangunan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, H Noor Nahar Hussein didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Tuban meninjau progres pembangunan Pedestrian dan Saluran Air (Drainase) di Jalan Basuki Rahmat dan Jalan Teuku Umar, Tuban, Senin (19/11/2018). 

Peninjauan tersebut dilakukan lantaran adanya ketidaksesuaian antara rencana pengerjaan pada jadwal dengan temuan di lapangan. "Ada keterlambatan 20 persen dari jadwal pengerjaan yang telah disusun sebelumnya," ujar Wabup saat melakukan peninjauan.

Mengingat akan segera memasuki musim hujan, Wabup meminta agar keterlambatan tersebut harus segera diatasi agar tidak merugikan kedua belah pihak. Selain itu juga agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Dia menerangkan, pembangunan dainase ini menggunakan teknik konstruksi Ecodrain, diharapkan dengan pemanfaatan teknik tersebut dapat menampung jumlah air lebih banyak dan dapat menyerap air dengan lebih maksimal yang nantinya berguna sebagai sumber sumur resapan.

Lebih lanjut, Wabup menegaskan bahwa trotoar haruslah dimanfaatkan sebagai jalur pejalan kaki. Oleh karena itu kedepan akan dilakukan pengawasan terus-menerus serta sosialisasi ke masyarakat agar menghormati hak-hak pejalan kaki dan disabilitas. 

"Trotoar juga dibangun jalur khusus untuk disabilitas," imbuhnya. 

Wabup dua periode tersebut juga menginstruksikan agar adanya penambahan jumlah pekerja dan waktu pengerjaan. Sehingga keterlambatan itu harus segera dikejar sebelum tanggal diserahterimakan nanti.[hud/lis]