Wajib Tau! Pilih Ban Jenis Rainy untuk Musim Hujan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musim penghujan telah tiba. Jalanan yang biasanya kering dan panas pun berubah jadi dingin dan licin, sebab guyuran hujan. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di musim hujan, khususnya pada bagian ban kendaraan bermotor.

Perlu sedikit penyesuaian pada bagian inti ban, yang berfungsi untuk menjaga kestabilan agar tak slip dan licin. Salah satu jenis ban yang cocok untuk kondisi hujan, yakni jenis rainy.

Jenis ban yang memiliki beberapa garis tengah, bukan hanya untuk gaya style semata. Bagian garis-garis tersebut berguna untuk mengalirkan air hujan, serta memecah air agar tak selip ketika berkendara di deraian air hujan.

Untuk ban jenis sepeda motor, bisa memilih varian ban bergaris tengah seperti tipe rainy attack, sportivo, maupun jenis michelin pilot yang sudah banyak menerapkan teknologi silika yang berfungsi mengoptimalkan daya cengkram ban ke jalanan berair.

"Paling murah dan gampang didapat ya merek lokal rainy attack, yang lain juga ada banyak sih," kata Aan, pengendara sepeda motor, Selasa (13/11/2018).

Selain itu, ada juga tipe ban kendaraan roda empat yang bisa dipakai saat musim penghujan seperti jenis undirectional. Bentuk lingkar ban seperti anak panah maupun bentuk V juga terbukti bisa memecah alur air semakin lancar.

Untuk mendapatkannya, anda bisa memperoleh dengan cara membelinya di toko-toko maupun stand ban besar yang ada di wilayah terdekat anda. [feb/rom]