Ketuk Pintu, Warga Tasikmadu Donasi Buat Korban Gempa

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Gempa yang mengguncang wilayah Palu dan Donggala masih mengundang solidaritas dari berbagai pihak. Salah satunya kepedulian ditunjukan warga di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Sejumlah relawan peduli bencana dan karang taruna desa setempat mengetuk satu persatu pintu warga. Mereka menyodorkan beberapa kardus sumbangan bertuliskan "Peduli Bencana Gempa Palu/Donggala".

Warga yang ikut bersimpati mengulurkan sejumlah uang sebagai tanda solidaritas. "Sedikit memang tapi semoga bisa ikut membantu saudara-saudara di sana yang terkena musibah," kata seorang warga.

Ketua Karang Taruna Desa Tasikmadu, Subakri, menjelaskan aksi ketuk pintu peduli bencana dilakukan untuk mempermudah warga menyalurkan bantuan. Aksi ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa, juga respon positif dari warga.

"Ada yang mau nyumbang tapi bingung ke mana, untuk itulah kami datangi satu persatu," kata Bakri, Kamis (18/10/2018).

Setelah semua sumbangan terkumpul, mereka menyalurkan ke Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Peduli Bencana Kabupaten Tuban. Penyerahan simbolis dilakukan oleh Kepala Desa Tasikmadu, Puji Prajoko, kepada Ketua Sekber Relawan Bencana Tuban, Didik Utomo.

"Kami sampaikan titipan warga Tasikmadu, semoga bisa disampaikan kepada saudara-saudara kami yang terkena musibah," kata Puji Prajoko.

Didik Utomo menambahkan, Sekber Relawan Bencana Tuban juga menerima penyaluran bantuan dari berbagai komunitas, instansi, dan lembaga di Tuban. Bahkan sejak ada korban bencana di Lombok beberapa waktu lalu.

"Bantuan buat bencana Lombok sudah kami lakukan, termasuk mengirim relawan ke sana. Saat ini kami sedang fokus untuk bantuan buat saudara-saudara di Palu dan Donggala," kata pria yang juga anggota Polri ini menjelaskan. [pur/ito]