Penelitian Bukan Sekadar Tulisan, Begini Caranya

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pengabdian pada masyarakat. Pengabdian bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melahirkan ivonasi-inovasi baru melalui penelitian.

‘’Dan, penelitian itu harus ada hasilnya untuk membantu masyarakat. Bukan sekadar tulisan,’’ ujar Rektor Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban DR.Supiana Dian Nurtjahyani Sabtu (29/9/2018) di sela-sela seminar nasional di kampusnya.

Seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat itu diikuti oleh 182 peserta. Mereka berasal dari Kalimantan, Wonosobo, Kediri, Surabaya, Malang dan daerah lainnya. Sebanyak 114 peserta di antaranya pemakalah. Sehingga, seminar di Unirow ini sangat berbobot karena sebagian besar peserta adalah pemakalah.

‘’Untuk menggelar seminar nasional, minimal harus diikuti 3 provinsi. Pelaksanaan ini cukup berbobot karena di Kediri beberapa waktu lalu, hanya sekitar 80 an peserta pemakalah,’’ tambahnya.

Seminar hasil penelitian, kata dia, harus dilakukan untuk menguji apakah hasil penelitian yang dilakukan itu sudah benar-benar bagus atau tidak. Dari seminar itu, lanjutnya, ada masukan-masukan untuk perbaikan hasil penelitian, sebelum hasil penelitian dimuat dalam jurnal ilmiah.

‘’Ada banyak bidang  penelitian yang diseminarkan, mulai pendidikan, sains, kemaritiman, perikanan dan lain sebagainya,’’ ungkap Dian.

Unirow, lanjut dia, ingin berperan aktif di banyak bidang. Seperti seminar nasional yang digelar tersebut, selain untuk peserta dari Unirow sendiri, juga memfasilitasi perguruan tinggi-perguruan tinggi lain. Sehingga hasil penelitian yang sudah dilakukan bisa diterima masyarakat dan diakui.

‘’Penelitian harus punya nilai kemanfaatan untuk masyarakat, itu kuncinya, bukan sekadar teori-teori. Harus ada yang ditemukan dan bermanfaat,’’ tandasnya.[ono]