Hingga Malam Ribuan Peziarah Masih Berdatangan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pada malam puncak Haul Sunan Bonang ke-509, kondisi peziarah masih padat. Pantauan blokTuban.com di pintu masuk makam sebelah timur, jalanan penuh sesak.

Hanif (60) pengunjung asal Bojonegoro mengaku, sudah sejak pagi datang ke Bumi Wali. Ia berencana bermalam di alun-alun dan akan pulang esok hari.

"Sudah tadi pagi, malam ini bermalam di alun-alun," ucapnya kepada blokTuban.com di area makam Sunan Bonang, Kamis (20/9/2018) malam.

Pria dengan baju koko berkopyah motif batik itu berujar, sudah berkali-kali menghadiri haul Sunan yang memiliki nama Raden Maulana Makdum Ibrahim itu. Kendati begitu ia mengaku tetap antusias ziarah sekaligus mencari berkah.

"Tujuannya ya ngalap berkah (mencari berkah)," imbuh pria asal Balen itu.

Pengunjung lain, Satun (50) asal Kedungadem, Bojonegoro saat dikonfirmasi blokTuban.com mengaku bertolak dari rumah sekitar pukul 15.00 WIB. Selain berziarah ke Makam Sunan Bonang, ia juga berziarah ke makam Syekh Ibrahim Asmoroqondi di Kecamatan Palang.

"Sebelum ke sini ziarah dulu ke Makam Syekh Ibrahim Asmoroqondi, maknya sampai sini malam," ucapnya dengan beberapa anggota serombongan. [rof/col]