Tahun Ini, Kejadian Kebakaran di Tuban Capai 31 Kejadian

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selama tahun 2018, kejadian Kebakaran Pemukiman di Kabupaten Tuban mencapai sekitar 31 kejadian. Hal itu berdasarkan keterangan dari Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono.

Dia menyebutkan, selama bulan Januari sampai bulan Agustus, kebakaran di Kabupaten Tuban mencapai sekitar 31 kejadian. Dan ada peningkatan dibandingkan dengan kejadian kebakaran pada tahun 2017 lalu dengan kurun waktu yang sama.

"Dari data kami menyebutkan peristiwa kebakaran di Tuban mencapai sekitar 31 kejadian, dan pada bulan Agustus saja ada 6 kejadian kebakaran pemukiman," terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Kamis (6/9/2018).

Lebih lanjut, untuk mengatisipasi agar kejadian kebakaran tersebut tidak terus terjadi pihaknya telah melaksanakan sosialisasi-sosialisasi melalui media maupun sosialisasi dan simulai di instansi-instansi publik yang berada di 20 kecamatan di Kabupaten Tuban.

"Kita terus gencar melakukan sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat. Hal itu sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya kebakaran," terangnya.

Dia juga mengimbau, masyarakat selalu mengantisipasi untuk tidak melakukan bediang di satu obyek tempat yang mudah terbakar terlebih dimusim kemarau ini. Karena, selama ini kebanyakan kejadian kebakaran itu disebabkan karena kurangnya antisipasi dari masyarakat seperti bediang di tempat yang mudah terbakar, serta karena korsleting listrik.[hud/ito]